Balangan, (Antaranews Kalsel) - Warga suku Dayak Halong menggelar Aruh Adat Buntang, Rabu (11/10) , bertempat di Desa Hauwai, Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan, Kalsel.


Upacara adat tersebut merupakan rasa terimakasih kepada Yang Maha Kuasa atas penganugerahan hasil panen yang melimpah, dan sekaligus penghormatan  terhadap arwah para leluhur yang diyakini senantiasa melindungi dari malapetaka.

Bupati Balangan H Ansharuddin, Kapolres Balangan AKBP Moh Zamroni, sejumlah pejabat setempat serta tokoh masyarakat, turut berhadir pada Aruh Adat tersebut.

Bupati Balangan H Ansharuddin dalam kesempatan tersebut mengatakan, ia sangat mengapresiasi setiap pelaksanaan budaya adat dayak yang digelar oleh masyarakat setempat.

"Dalam setiap pelaksanaan kegiatan adat tentunya di sana terjalin silaturrahmi antar masyarakat, sehingga kekompakan selalu terjaga dengan baik," ungkapnya.

Bahkan, Bupati juga mengatakan, demi kelestarian adat dan budaya di Balangan, Pemkab akan menyisihkan insentif bagi setiap tokoh adat, serta menjamin iuran listrik maupun PDAM setiap rumah ibadah.

Sementara itu, Kapolres Balangan AKBP Moh Zamroni mengimbau kepada warga agar tidak menciderai pelaksanaan upacara adat dengan mengganggu ketertiban.

"Tetaplah menjaga keutuhan dan kekompakan sesama warga yang telah terjalin sejak lama, saling mendukung dan menghargai serta menghormati adat, budaya masing-masing," ujarnya.

Kepala Dewan Adat Daerah (DAD) Balangan, Mandan mengungkapkan terima kasih kepada pemerintah daerah setempat yang selama ini selalu mendukung kelestarian adat dayak yang ada di Balangan.

"Semoga ke depan jalinan silaturrahmi antar pemerintah dan suku dayak terus terjalin dengan baik, serta bersama-sama membangun daerah," pungkasnya.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Roly Supriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016