Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tapin Provinsi Kalimantan Selatan Raniansyah mengatakan dampak dari gempa bumi sementara ini tak menimbulkan kerusakan atau korban.

"Guncangan gempa terasa sampai daerah kita," ungkapnya saat dikonfirmasi ANTARA di Rantau, Selasa.

Baca juga: BMKG : Gempa di Kalsel akibat aktivitas patahan Meratus

Raniansyah mengungkapkan berdasarkan informasi yang dihimpun guncang gempa dengan kekuatan kecil ini terasa hampir di seluruh wilayah Kabupaten Tapin.

Lanjut dia, guncangan wilayah Kalimantan Selatan ini menyusul peristiwa gempa yang terjadi di Kepulauan Sangihe Provinsi Sulawesi Utara dengan kekuatan Magnitudo (M) 5,1 pada pukul 07:34 Wib.

Sementara itu, di Kalimantan Selatan pusat gempa berada di Kabupaten Banjar pada 3.19 Lintang Selatan – 115.12 Bujur Timur. Gempa berada di kedalaman 10 km dengan kekuatan M 4,7. Berdampak di Kabupaten Tapin hingga Kabupaten Barito Kuala.

ANTARA himpun, dampak kejadian gempa di Kabupaten Tapin di wilayah perkantoran hingga rumah masyarakat.

"Anak-anak langsung diarahkan ke luar bangunan," ungkap Staf Dinas Perpustakaan Kabupaten Tapin Upik.

Sedangkan, warga Tapin Putri Elvira Puspa Rani mengatakan saat terjadi gempa ia langsung keluar dari rumah membawa anak yang masih bayi.

"Cuma beberapa detik aja terasa ada guncangan. Sempat panik, tetangga lain pun kita lihat lari keluar rumah," ujar warga Kelurahan Kupang, Kabupaten Tapin ini.
 

Penyebab gempa
 

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengatakan gempabumi yang mengguncang wilayah Kalimantan Selatan berkekuatan magneto (M) 4,7 pada Selasa sekitar pukul  09:22 Wita akibat aktivitas patahan Meratus.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas patahan Meratus," ungkap BMKG melalui keterangan tertulis, Selasa.

Sedangkan dampak aktivitas patahan lempeng Meratus ini menimbulkan guncangan di daerah Kalsel yakni Kota Banjarmasin, Kabupaten Tapin, Kabupaten Barito Kuala.

Terus di Kalimantan Tengah terasa sampai Kota Sampit, Kabupaten Pulang Pisau dan Kota Palangkaraya.

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut," terang BMKG.

Baca juga: BMKG: Gempa tektonik magnitudo 4,7 guncang Kalsel dan Kalteng

Berdasarkan hasil pemodelan yang dilakukan BMKG gempa tersebut tak berpotensi menimbulkan bencana tsunami.

"Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," pesan BMKG.

Peringatan lain untuk masyarakat, yaitu gar menghindari  bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah," tulis BMKG.

Baca juga: BMKG: Gempa M 4,7 guncang Kalimantan Selatan

Pewarta: M Fauzi Fadillah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024