Komisioner Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Balangan Provinsi Kalimantan Selatan Wahyudi menyebutkan Posko Pemilu milik Kejaksaan Negeri (Kejari) Balangan membuka ruang untuk meningkatkan partisipasi pemilih.

“Kami sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada Kejari Balangan atas kepedulian dengan keberlangsungan Pemilu 2024 ini, salah satunya dengan pendirian posko pemilu ini,” kata Wahyudi saat mengunjungi Posko Pemilu Kejari Balangan kepada ANTARA di Paringin, Balangan, Rabu.

Baca juga: Kapolres Balangan patroli ke gudang logistik KPU pastikan situasi kondusif

Wahyudi menambahkan pihaknya sangat menyambut baik keberadaan posko pemilu di Kejari Balangan karena akan menambah ruang partisipatif masyarakat.

Oleh karena itu, Wahyudi berharap keberadaan  posko pemilu itu dapat meminimalisir kecurangan pada Pemilu 2024, serta lebih menguatkan fungsi sentra penegakan hukum terpadu (Gakkumdu) yang terdiri dari Kejaksaan, TNI/Polri dan Bawaslu.

Sementara itu, Kasi Intelejen Kejari Balangan Dimas Satria Putra mengungkapkan posko pemilu ini sangat penting agar dapat meminimalisir kecurangan pada kegiatan Pemilu 2024 dan masyarakat juga bisa langsung melapor.

Baca juga: KPU Balangan harapkan partisipasi masyarakat meningkat saat Pemilu 2024

Melalui posko pemilu itu, Dimas menuturkan pihak kejaksaan akan memantau dan mengawasi setiap tahapan pemilu melalui koordinasi dengan KPU, Kesbangpol serta Bawaslu setempat.

Selain itu, Dimas juga mendorong masyarakat segera melapor ketika menemukan kecurangan, seperti politik uang dengan menyertakan bukti yang lengkap.

“Kalau masyarakat mau melaporkan adanya kecurangan terkait pemilu nanti, segera datangi posko pemilu kita dengan membawa bukti-bukti yang kuat,” tutur Dimas.

Dimas menambahkan koordinasi persiapan Pemilu 20224 sebagai bentuk menyambung silaturahmi antara Kejaksaan Negeri Balangan dengan KPU Balangan.

Baca juga: KPU Balangan berikan edukasi kepada pemilih pemula
 
Anggota KPU Balangan Wahyudi dan jajaran Kejari Balangan saat berada di Posko Pemilu Kejari Balangan, Rabu (7/2/2024). ANTARA/ragil darmawan

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024