Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan mengharapkan partisipasi masyarakat dapat lebih meningkat saat gelaran Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 nantinya.

“Kami sangat berharap seluruh peserta sosialisasi ini nantinya bisa meningkatkan partisipasi masyarakat, dalam menyukseskan Pemilu 2024 nanti di Kabupaten Balangan dengan damai dan tertib,” kata Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Balangan Bidang Teknis dan Penyelenggara Muhammad Salman, Jumat.

Menurut Salman sosialisasi ini juga sekaligus sebagai ajang untuk mengoptimalkan peran serta organisasi masyarakat, wartawan dan warganet dalam meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu 2024.

Salman juga berpesan kepada para peserta agar dapat menyampaikan kepada masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya sesuai dengan hati nurani masing-masing.

Pada sosialisasi ini, ujar Salman, peserta juga dibekali materi terkait peran organisasi masyarakat dalam partisipasi pemilih serta pengawasan untuk peningkatan kualitas partisipasi masyarakat pada Pemilu 2024.

Kemudian lanjut Salman, cara dalam mengajak masyarakat melalui tulisan dan postingan untuk berpartisipasi pada Pemilu 2024 salah satunya dengan menyampaikan informasi valid yang terjadi di lapangan.

Sementara itu Ketua Bawaslu Balangan Rosmelyanoor, dalam acara tersebut juga menargetkan agar partisipasi masyarakat semakin meningkat tidak hanya dalam pemberian suara, tapi juga untuk memastikan suaranya tidak disalahgunakan.

Selain itu juga mendorong kesadaran pemilih akan pentingnya pengawasan partisipatif, terciptanya pemilih yang berkualitas sehingga dapat melahirkan pemimpin bangsa yang amanah dan mendapat legitimasi yang kuat dari rakyat.

Rosmelyanoor menambahkan, terlebih penting yaitu pengetahuan masyarakat terkait pengawasan pada khususnya dan kepemiluan pada umumnya.
“Juga mencegah terjadinya politik pragmatis transaksional untuk mewujudkan suasana yang kondusif bagi penyelenggaraan Pemilu 2024 yang aman, damai, tertib dan lancar,” tutur Rosmelyanoor.

Diketahui kegiatan tersebut dihadiri oleh 80 peserta yang terdiri dari organisasi dan mahasiswa yang ada di Kabupaten Balangan, serta semua peserta sangatlah antusias mengikuti sosialisasi tersebut.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023