Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan mengambil alih pengelolaan transportasi umum milik pemerintah pusat bus bay the service (BTS) atau lebih dikenal bus "tayo hijau".
 
Menurut Kelapa Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Selatan M Fitri Hernadi di Banjarbaru, Selasa, rencana pengambilalihan itu pada April 2024.

Baca juga: Pemkot Banjarbaru uji coba rute bus angkutan perkotaan
 
"Pengambilalihan dari sebelumnya dikelola Kementerian Perhubungan RI ke Dinas Perhubungan Kalsel," ujar Hernadi.
 
BTS atau bus bertuliskan "Teman Bus" itu mulai dioperasikan pada 22 Desember 2021, sebagai bagian layanan transportasi umum bagi lima daerah yang tergabung dalam kota metropolitan Banjarbakula.
 
Banjarbakula merupakan singkatan dari Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Kabupaten Tanah Laut dan Kabupaten Barito Kuala sebagai program kota metropolitan Kalsel tertuang sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2017.
 
Selain BTS, juga ada Bus Rapid Transit (BRT) Banjarbakula dengan warna biru yang lebih lama, yakni pada 2019 dioperasikan oleh Pemprov Kalsel.
 
Terkait BTS ini, Hernadi menyampaikan pengelolaan akan dikerjasamakan dengan pemerintah kabupaten/kota yang dilayani.

Baca juga: Wali Kota Aditya usul tambahan koridor bus BTS ke Kemenhub RI
 
Karenanya, ucap dia, Dishub Provinsi Kalsel akan menggabungkan operasi BTS dengan BRT yang sudah dimiliki Pemprov Kalsel tersebut.
 
"Terkait retribusi juga telah berdasarkan Perda. Nantinya akan menerapkan tarif seperti BRT yakni Rp5 ribu per orang, tetapi tetap ada tarif khusus untuk pelajar, lansia dan disabilitas serta nantinya pembayaran menggunakan e-money," ucapnya.
 
Selanjutnya, Dishub Kalsel telah bersinergi dengan wilayah Banjarbakula, seperti Kabupaten Banjar akan melaksanakan perpanjangan trayek sampai ke Ponpes Darussalam Martapura, kemudian dengan Pemkot Banjarbaru akan melayani koridor A dan Koridor B, yaitu jurusan Panglima Batur dan Trikora.
 
"Dengan Pemkab Tanah Laut akan sampai ke terminal tipe C di Desa Ambungan Kecamatan Pelaihari serta ke arah jurusan Marabahan Barito Kuala," katanya.

Baca juga: Bus BTS segera beroperasi di wilayah Banjarbaru

Pewarta: Sukarli

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024