Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar sosialisasi dan pelaksanaan simulasi pemungutan dan penghitungan suara pemilu serentak Tahun 2024.

Ketua KPU HSS Gusriadi, di Kandangan, mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS atas dukungan yang telah diberikan.

"Kita semua tentu mengharapkan agar pemilu serentak Tahun 2024, khususnya di Kabupaten HSS berjalan dengan aman dan damai," katanya dalam sambutan, mengutip pers release Diskominfo HSS, di Kandangan, Kamis.

Baca juga: Bawaslu Kalsel temukan ribuan surat suara rusak di HSS

Sekretaris Daerah (Sekda) HSS Muhammad Noor, mengatakan kegiatan ini akan dapat memberikan gambaran awal, terkait kegiatan pemungutan dan penghitungan suara pada gelaran pemilu mendatang.

Semua pihak dapat melihat sejauh mana kesiapan pelaksanaan pemilu, dan antisipasi jika terjadi hambatan serta kendala yang bisa terjadi.

"Sehingga diharapkan hasil pemilu yang dilaksanakan nantinya dapat memberikan kepuasan, dan diterima bagi semua pihak,” katanya.

Baca juga: Ratusan lembar kertas surat suara diterima KPU HSS dalam keadaan rusak

Ia juga mengajak semua pihak untuk turut berperan aktif demi suksesnya pesta demokrasi di HSS, serta berharap semua unsur senantiasa menjalin komunikasi dan koordinasi agar terwujud sinergitas demi suksesnya pemilu.

Adapun dalam simulasi, seluruh tahapan pemungutan suara, termasuk verifikasi, pencoblosan, dan penghitungan suara, disimulasikan secara cermat dan terpantau dengan ketat.

Proses ini juga melibatkan peran aktif dari petugas KPPS, panwaslu, dan unsur lainnya untuk memastikan kesesuaian dengan aturan yang berlaku.

Baca juga: Pemkab HSS siapkan nakes untuk petugas KPU

Proses pembelajaran dari simulasi ini menjadi dasar dalam menjaga integritas dan keberhasilan Pemilu Serentak Tahun 2024 di Kabupaten HSS.

Dengan keterlibatan masyarakat, diharapkan menjadi kunci keberhasilan dalam menciptakan proses demokrasi yang transparan dan akuntabel.

Turut hadir, unsur Forkopimda HSS, para kepala OPD di lingkup Pemkab HSS, para camat, perwakilan partai politik, pengawas pemilu, serta undangan lainnya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024