Polresta Banjarmasin jajaran Polda Kalimantan Selatan menyediakan tempat istirahat (rest area) bagi para jamaah melintas Kota Banjarmasin untuk menghadiri Haul ke-19 KH Muhammad Zaini Abdul Gani atau Guru Sekumpul yang dijadwalkan berlangsung di Martapura, Kabupaten Banjar pada Minggu (14/1).

“Kami menyediakan tiga rest area bagi jamaah yang kelelahan melakukan perjalanan dari luar kota untuk menghadiri Haul Guru Sekumpul di Martapura,” kata Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Sabana Atmojo di Banjarmasin, Sabtu.

Baca juga: Polresta Banjarmasin bagikan makan gratis untuk jamaah Haul Guru Sekumpul

Dia menyebutkan tiga rest area itu menyebar pada tiga titik pos koordinasi (posko), yakni Pos Lalu Lintas di Bundaran Kayu Tangi diperuntukkan bagi jamaah yang datang dari arah Kalimantan Tengah, pos di Halaman Masjid Nurul Huda Jalan Ahmad Yani KM6, dan pos di Terminal kedatangan penumpang Pelabuhan Tri Sakti.

“Saya mengimbau para jamaah beristirahat jika kelelahan, untuk menghindari kecelakaan atau hal-hal yang tidak diinginkan,” ujarnya.

Sabana mengatakan pos tempat peristirahatan itu mulai beroperasi 13-15 Januari 2024.

Polresta Banjarmasin juga menyediakan jasa tambal ban bagi jamaah yang mengalami kebocoran ban saat di perjalanan.

Baca juga: Kapolresta : Berikan pelayanan terbaik kepada jamaah Haul Guru Sekumpul

Kapolresta Banjarmasin pun mengingatkan para orang tua yang membawa anaknya ke acara Haul Guru Sekumpul agar selalu waspada menjaga anak serta barang berharga terutama di tempat keramaian.

Sabana juga mengimbau para jamaah sebelum meninggalkan rumah agar melapor ke ketua rumah tangga (RT) atau tetangga terlebih dahulu untuk memastikan kondisi tempat tinggal aman.

Kemudian memastikan arus listrik di rumah dalam kondisi off untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, seperti  korsleting listrik yang bisa saja mengakibatkan dampak yang cukup besar di sekitar tempat tinggal.

“Yang tidak kalah penting adalah melepaskan sambungan selang kompor gas untuk mencegah musibah kebakaran,” ujarnya lagi.

Baca juga: Polresta Banjarmasin bagikan makan gratis untuk jamaah Haul Guru Sekumpul

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024