Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Banjarmasin, Kalimantan Selatan, mengatakan pembelian tiket kapal libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 hanya lewat daring atau melalui situs operator kapal penyedia layanan.

“Saya mengingatkan pemudik jangan membeli tiket kapal ke calo, operator kapal sudah menyediakan akses pembelian tiket,” kata Kepala KSOP Kelas I Banjarmasin Agustinus Maun di Banjarmasin, Selasa.

Baca juga: Lima kapal negara awasi pelayaran saat Natal-tahun baru di Trisakti

Ia meminta operator kapal melakukan sosialisasi kepada calon penumpang dan masyarakat lain terkait cara pembelian tiket melalui situs pihak perusahaan, termasuk harga tiket dan jadwal keberangkatan.

“Saya akan berkoordinasi dengan kepolisian wilayah pelabuhan untuk membatasi ruang gerak calo atau penjual tiket ilegal,” ucapnya.

Agustinus menyebutkan kendati dalam pengawasan petugas, setiap tahun biasanya cukup marak para calo menjual tiket di kawasan Pelabuhan Trisakti.

Berdasarkan pengalaman pada arus mudik dan arus balik Natal dan tahun baru sebelumnya, cukup banyak calon penumpang membeli tiket ke calo dengan harga dua kali lipat dari harga normal untuk rute Banjarmasin menuju ke Surabaya, termasuk juga pada saat mudik Lebaran 2023.

KSOP Banjarmasin juga menyiapkan personel untuk mengawasi secara terbuka maupun tertutup terkait ruang gerak calo tiket kapal. Oleh karena itu dia meminta para calon penumpang kapal membeli tiket hanya melalui operator kapal.

Baca juga: KSOP Banjarmasin siapkan lima kapal roro saat Natal-tahun baru

Selain untuk menghindari harga tiket yang mahal dari calo, pembelian tiket melalui operator juga bertujuan agar calon penumpang juga diberikan sosialisasi terkait teknis kedatangan ke pelabuhan.

Agustinus mengimbau calon penumpang tidak datang ke pelabuhan sebelum jadwal keberangkatan kapal, hal itu untuk menghindari lonjakan pemudik di ruang tunggu terminal bandarmasih di Pelabuhan Trisakti.

KSOP Kelas I Banjarmasin telah membuka posko koordinasi angkutan laut selama libur Natal dan tahun baru mulai pada 18 Desember 2023 hingga 8 Januari 2024.

“Pengawasan terhadap ruang gerak calo tiket bagian dari evaluasi kejadian saat pelaksanaan pos koordinasi tahun sebelumnya,” ujarnya.

Baca juga: Kapal sungai di Banjarmasin difasilitasi dapat izin beroperasi di laut

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023