Organisasi sosial besutan Almarhum Haji Abdussamad Sulaiman HB, Yayasan Hasnur Centre memamerkan program unggulan terkait pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) berbasis teknologi digital kepada Pemerintah Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan.

Direktur Kerja sama Yayasan Hasnur Centre Hairansyah menjelaskan program yang disampaikan, meliputi bidang sosial, keagamaan dan kelembagaan hingga bidang pendidikan, kepemudaan dan pengembangan program.

"Kemudian juga terkait pengembangan teknologi informasi digital untuk UMKM. Ini adalah upaya kita untuk meningkatkan sumber daya manusia terutama di Kabupaten Tapin yang merupakan wilayah usaha Hasnur Group," ujar Hairansyah usai rapat koordinasi di Aula Tamasa Tapin, Selasa.

Baca juga: Yayasan Hasnur Center hadirkan "Wetland Square" tempat bina ekonomi

Hairansyah mengungkapkan tujuan Yayasan Hasnur Centre untuk memaksimalkan dampak pembangunan dari semua program terhadap daerah Kabupaten Tapin.

Yayasan Hasnur Centre juga memaparkan tentang kontribusi mereka di sektor pendidikan misalnya membangun Politeknik Hasnur (Polihasnur) pada 2010 di Banjarmasin yang berorientasi memajukan daerah dan Indonesia.

Kini, institusi tersebut memiliki banyak program studi unggulan dan telah mencetak lulusan terampil dan siap kerja di sektor industri.

Kemudian, terdapat Sekolah Menengah Pertama Global Islamic Boarding School (SMP GIBS) dan Sekolah Menengah Atas Global Islamic Boarding School (SMA GIBS).

"Sedangkan sini, di wilayah usaha di Kabupaten Tapin, di Sungai Puting ada Pendidikan Anak Usia Dini Islam Terpadu An-Nur dan Sekolah Dasar Islam Terpadu An-Nur," ungkapnya.

Hairansyah mengungkapkan pihaknya juga memberikan konsentrasi pengembangan sumber daya guru untuk meningkatkan mutu pendidikan.

Selanjutnya, ia terangkan, Yayasan Hasnur Centre juga bergerak untuk pengembangan sosial ekonomi masyarakat, saat ini yang sudah jalan di antaranya melalui pengelolaan dan pengembangan program Muda Banua.

"Yang sudah terlaksana kita tingkatkan, sedangkan yang belum kita dorong.  Tentu ini saling keterkaitan dengan pemerintah daerah juga swasta lain untuk berkontribusi terhadap masyarakat," beber Hairansyah.

Baca juga: Hasnur (HAIS) Tbk kembali tambah armada untuk tingkatkan kinerja

Banyak hal yang ditawarkan kepada Pemerintah Kabupaten Tapin, dikatakan Hairansyah, secara garis besar mengoptimalkan seluruh potensi yang ada pada tingkat lokal.

Terpisah, Penjabat Bupati Tapin Syarifuddin mengatakan semua paparan Yayasan Hasnur Centre ini sedang dipelajari seluruh SKPD yang mengikuti rakor tersebut untuk disesuaikan dengan kebutuhan.

"SKPD yang menyikapi, nanti pemerintah daerah yang akan mengkoordinasikan dengan pihak Hasnur," ujarnya.

Syarifuddin memberikan pujian kepada Yayasan Hasnur Centre ini karena telah pasang badan untuk turut serta membangun daerah baik di Tapin mau secara umum di Kalimantan Selatan.

"Mungkin nanti ada hal hal lain lagi yang kita kerja samakan, tinggal melihat potensi yang ditawarkan itu," ujarnya.

Baca juga: Hasnur Group gelar maulid dan haul Nurhayati Sulaiman HB

Pewarta: M Fauzi Fadillah

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024