Kapolres Hulu Sungai Selatan (HSS) AKBP Leo Martin Pasaribu menyampaikan pihaknya terus melengkapi sarana dan prasarana (sapras) dan logistik di Polres setempat dalam peningkatan profesionalisme tugas Polri.

"Kami sangat berterima kasih dalam hal ini terhadap Mabes Polri dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS, memberikan beberapa bantuan baik itu berupa hibah barang maupun hibah uang," katanya dalam keterangan, di Kandangan, Sabtu.

Dijelaskan dia, hibah tersebut digunakan meningkatkan profesionalisme tugas-tugas kepolisian, dan selama tahun 2023 seluruh bangunan proses hibah semuanya selesai, dan sekarang sudah bisa nikmati dan dipakai oleh masyarakat.

Bantuan hibah antara lain, pembangunan gedung Sapras SIM Satlantas Polres HSS yang baru berada di belakang halaman Polres HSS, gedung dibangun dengan menggunakan anggaran dari Mabes Polri DIPA Polres HSS sebesar Rp25,8 miliar.

Anggaran besar ini tentunya dikucurkan oleh negara melalui Mabes Polri kepada Polres HSS, memang peruntukkannya betul-betul dalam membantu masyarakat, khususnya di wilayah HSS.

Baca juga: Kapolres HSS : Angka kriminalitas di HSS turun signifikan sepanjang Tahun 2023

Di gedung sapras prototip SIM B1, dilengkapi lahan untuk uji praktek jadi sudah bisa dilaksanakan di sana,  maka masyarakat HSS tidak usah jauh-jauh ke Banjarmasin untuk bisa membuat SIM untuk B1, bisa di Polres HSS.

"Sapras kita ini sudah memenuhi syarat terdapat prototip SIM B1, dan di tingkat polres baru di di Polres HSS yang sudah bisa membuat prototipe SIM B1, " ungkapnya.

Kemudian, anggaran hibah juga dari Pemkab HSS sebesar Rp2,3 miliar digunakan untuk renovasi Aula Bhayangkara, yang ada di Tinggiran, Jalan Kenangan, Kandangan, sudah selesai dan kemarin sudah mulai digunakan.

Hibah videotron LED dari Pemkab HSS senilai Rp122 juta, sudah bisa digunakan dan pihaknya pun mempersilahkan masyarakat menggunakannya, seperti untuk kegiatan pendidikan.

Berikutnya hibah pengadaan ETLE dari Pemkab HSS, yang telah dipasang di dua titik yakni di yakni di Simpang Kompi Jalan A Yani dan di Muara Sangkuang Jalan HM Yusi Kandangan., sebesar Rp1,7 miliar.

Selain itu, Pemkab HSS memberikan hibah uang sebesar Rp489 juta untuk pembelian dua unit mobil patroli, mobilnya sudah ada dan di gunakan, pertama untuk patroli Sat Sahbara Polres HSS dan satunya di Polsek Loksado.

Baca juga: Polres HSS berhasil ungkap 95 pidana narkoba Tahun 2023, dua diantaranya kasus menonjol

"Terima kasih sekali lagi saya sampaikan kepada Pemkab HSS, yang telah mendengar keluhan daripada kami Polres HSS, dan dengan cepat merespon untuk mobil patroli di Polsek Loksado ini," ucapnya.

Menurut dia, karena karena selama ini Polsek Loksado diketahui wilayahnya apabila di tempat lain belum hujan, di sana sudah hujan, serta rentan ada bencana baik banjir maupun longsor, sementara mereka tidak punya mobil patroli.

Pihaknya memang sebelumnya sudah mengupayakan membantu mobil patroli, namun saat  sampai di sana ternyata mobil yang akan diberikan tidak mampu naik di wilayah Loksado, yang memang daerahnya pegunungan.

"Jadi akhirnya kita minta kepada Pemkab HSS, dan pemkab luar biasa responnya, bantuan mobil ini pasti akan sangat berguna bagi masyarakat, terutama masyarakat Loksado yang bisa terlayani dengan mobil patroli," terangnya.

Baca juga: Meninggal akibat laka lantas di HSS meningkat di Tahun 2023 menjadi 22 korban jiwa

Selanjutnya, Polres HSS mendapatkan bantuan hibah dari Pemkab HSS sebesar Rp1,2 miliar, berupa hibah barang untuk menguruk dan membikin pagar lokasi Polres di halaman Islamic Center.

Di lokasi tersebut saat ini telah ada pagar yang warna biru, dibangun di lahan yang tanahnya merupakan milik Polres HSS, dan nantinya akan diberdayakan di anggaran-anggaran tahun berikutnya.

Terakhir, di tahun 2023, Polres HSS menerima pula hibah pengadaan lahan oleh Pemkab sebesar Rp1,3 Miliar, untuk membeli lahan dan tanah di belakang Polres HSS.

"Proses jual beli sudah hampir selesai, kita bersyukur mendapat tambahan areal sekitar 2000 meter lebih, yang ke depannya akan kita ajukan kembali untuk pembangunan gedung baru Polres HSS," tutupnya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023