"Adaro Spectapreneur" menjadi ajang reuni bagi para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) sekaligus untuk menjaring pelaku usaha baru di Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan yang digelar pada 29 Desember 2023-3 Januari 2024.

CSR Section Head PT Adaro Indonesia Yuri Budhi Sujalmi di Tanjung, Kamis, mengatakan kegiatan tahunan tersebut sempat terhenti karena pandemi COVID-19 pada 2020-2022.

Baca juga: Adaro-Pemkab Balangan deklarasikan Desa Bebas Stunting

Yuri mengatakan Adaro Spectapreneur juga untuk memastikan ketangguhan para UMKM selama mendapat pembinaan dari PT Adaro Indonesia.

"Kita ingin melihat ketangguhan pelaku UMKM selama empat tahun pembinaan dan pasca pandemi melalui Adaro spectapreneur," kata Yuri.

Melalui kegiatan tersebut, Yuri mengharapkan masyarakat lebih mengetahui Adaro sebagai perusahaan pertambangan batu bara besar yang memiliki program pembinaan dan menjaring UMKM baru di wilayah operasional perusahaan.

Adaro Spectapreneur dilaksanakan sejak 2017, namun kali ini diselenggarakan di  Expo Center Mabuun dengan menggelar bazar UMKM kreatif hingga pelatihan (workshop) wirausaha milenial, lomba kreasi produk berhadiah modal usaha, kompetisi Stand Up Comedy dan  Talkshow.

Baca juga: Anak tukang ojek yang terobsesi jadi analis data

Panitia penyelenggara juga menghadirkan sejumlah artis kebanggaan "Banua", seperti Jef Banjar, Rina Aulia (Liga Dangdut Indonesia), Syahriyadi (Dangdut Academy 5), Tommy Kaganangan, Pandaz serta band lokal di Tabalong.

Dengan mengusung konsep reuni melalui bazar UMKM, Adaro ingin memberi wadah temu bagi semua UMKM binaan yang masih eksis dan bertahan. 

Sebelumnya, sekitar 500 UMKM tercatat sebagai binaan Adaro pada 2019, namun pandemi COVID-19 menghantam ratusan UMKM hingga kini  tersisa 70 pelaku UMKM binaan  yang masih bertahan.

"Adaro Spectapreneur sejatinya akan jadi titik balik upaya menemukan bibit-bibit pengusaha baru dengan target sembilan  sembilan UMKM baru,” ungkap Yuri.

Baca juga: Wartawan Desk Polresta Banjarmasin juara tiga PWI Adaro Cup 2023

"Kick off" Adaro Spectapreneur 4.0 telah dilaksanakan pada November 2023 dengan menghadirkan praktisi guna memberi pelatihan digital marketing dan kurasi produk "go international" kepada para pelaku UMKM.

Selanjutnya, Desember 2023 hingga awal Januari 2024 menjadi acara puncak acara yang menampilkan beragam kegiatan yang dapat dinikmati masyarakat.

UMKM tangguh binaan Adaro yang akan tampil mengisi stan Adaro Spectapreneur dari Kabupaten Tabalong, Balangan, Barito Timur, Barito Selatan, Barito Kuala, dan Hulu Sungai Utara.

Adaro juga bekerja sama dengan Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (PLUT-KUMKM) terkait perizinan dan Disperindag untuk pendataan. 

Baca juga: Kalsel kemarin, kasus pekerja imigran HSS hingga "Manunggal Banih Patawungan" Dayak Meratus

Beberapa produk UMKM binaan Adaro sebelumnya sempat tampil pada Tabalong Expo atau Pekan Raya Tabalong 2023 saat HUT ke-58 Tabalong.

UMKM yang terlibat merasa sangat puas, karena pelaku usaha meraih pendapatan tertinggi selama mengikuti expo. 

Adaro juga  berhasil meraih juara kedua untuk penghargaan stand terbaik. 

“Kita lebih memanfaatkan even pameran untuk mempromosikan UMKM binaan agar bisa lebih dikenal oleh masyarakat termasuk program Adaro sendiri," ungkap Yuri.

Baca juga: Adaro Spectapreneur 2023 incar wirausahawan milenial di Tabalong

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023