Ratusan relawan Palang Merah Indonesia (PMI) tingkat kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Selatan mengikuti "Temu Karya" di Kabupaten Tanah Laut (Tala) pada 14-17 Desember 2023.

Ketua PMI Kalsel Gusti Iskandar Sukma Alamsyah di Banjarmasin, Sabtu malam, mengatakan kegiatan Temu Karya Relawan (TKR) tersebut merupakan program baru saat ini.

Baca juga: PMI Kalsel teguhkan komitmen hadapi bencana dan masalah kemanusiaan

Selama lebih dari 10 tahun menjabat sebagai Ketua PMI provinsi setempat, lanjut Gusti Iskandar, kegiatan TKR kali ini yang kedua, dan PMI selalu berada di tengah masyarakat Kalsel.

"Kami selaku insan PMI, insan relawan, hari ini juga sudah melakukan persiapan-persiapan, baik mitigasi maupun tugas-tugas untuk menghadapi situasi apapun di lapangan," tegas Iskandar.

Mantan anggota DPR RI itu menambahkan PMI dengan tujuh prinsip dasar, salah satunya "PMI tidak ke mana-mana, tapi ada di mana-mana".

Melalui kata sambutannya, Gubernur Kalsel Sahbirin Noor atau Paman Birin menyambut baik dan mengapresiasi TKR tersebut.

Menurut orang nomor satu di jajaran Pemprov Kalsel itu, TKR sangat luar biasa, karena mengumpulkan ratusan relawan PMI se-Kalsel.

"Selain sebagai ajang berkumpul dan bersilaturahmi, semoga melalui kegiatan TKR juga menjadi sarana bagi kita semua untuk berbagi pengalaman, pengetahuan, dan informasi antara relawan PMI se-Kalsel," ujar Gubernur Sahbirin dalam sambutan yang dibacakan Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Setdaprov setempat Sulkan.

Baca juga: PMI Kalsel salurkan bantuan kepada ratusan rumah di Jajangkit

Sedangkan, Penjabat Bupati Tanah Laut Syamsir Rahman menuturkan TKR PMI se-Kalsel sebagai upaya membangun karakter generasi muda, karena menaruh harapan besar kepada korps relawan.

Bupati Tanah Laut berharap pula agar relawan PMI itu menjadi pelopor dalam hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

"Korps sukarelawan ini sangat efektif dan strategis menjadi agen penguatan rasa kebangsaan dan kepedulian terhadap sesama. Jadilah semangat muda yang kreatif dan inovatif dalam membangun negeri," ungkap Syamsir.

Ketua PMI Tanah Laut Syahrian Nurdin menyampaikan maksud dan tujuan pertama kegiatan TKRD II tersebut yaitu melaksanakan rencana strategis PMI 2019-2024.

Selain itu, kegiatan tersebut meningkatkan kapasitas relawan TKRD II diikuti sebanyak 12 kabupaten/kota atau 390 orang PMI se-Kalimantan Selatan.

"Kami dari PMI Tanah Laut berupaya semaksimal mungkin untuk menjadi tuan rumah yang baik," kata Syahrian Nurdin.

Baca juga: PMI Tapin buka warung sarapan murah dan gratis

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023