Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan mengoptimalkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat melalui kader posyandu di tingkat pedesaan.

“Kementerian Kesehatan saat ini sedang melaksanakan transformasi layanan primer, yakni dengan penguatan pelayanan kesehatan dasar melalui peningkatan promotif dan preventif,” kata Bupati HST Aulia Oktafiandi di Hulu Sungai Tengah, Selasa.

Baca juga: Ratusan kader posyandu ikuti peningkatan kompetensi di HST

Untuk mendorong pelaksanaan program itu, pemerintah daerah setempat melaksanakan berbagai upaya peningkatan kualitas dan kapasitas kader posyandu di seluruh desa.

“Kemenkes memfokuskan transformasi layanan kesehatan primer pada layanan di tingkat posyandu yang sudah tersedia hingga tingkat dusun/RT/RW,” ucapnya.

Ia menjelaskan posyandu tidak hanya sebagai tempat pelayanan kesehatan, tetapi juga sebagai wadah untuk membangun kebersamaan dan sinergi, saling berbagi informasi, serta menguatkan kerja sama lintas sektoral.

Baca juga: Balita di HST diberikan vitaman A secara gratis

Menurut dia, kolaborasi diperlukan untuk mewujudkan sumber daya manusia (SDM) yang sehat, cerdas, dan berdaya.

Oleh karena itu, Aulia meminta dinas terkait terus melakukan peningkatan kapasitas para kader posyandu guna mendukung program mendasar layanan kesehatan yang digalakkan Kemenkes.

Bupati Aulia juga berharap para kader posyandu di seluruh desa mampu membangun sinergi guna membangun komitmen mewujudkan salah satu visi dan misi pemerintah daerah menuju masyarakat yang sehat dan sejahtera.

“Sebagai bentuk komitmen pemerintah daerah, kami giat memberikan pelatihan dan kegiatan kepada kader posyandu dalam rangka meningkatkan kualitas SDM kesehatan,” ujar dia.

Baca juga: Until no more stunting child in HST: PKK chairwoman

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023