Kantor Loka Pengawasan Obat dan Makanan (POM) Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan, mengajak seluruh lapisan masyarakat "Bumi Bersujud", "Bumi Saijaan" dan sekitarnya untuk menjadi konsumen yang cerdas dalam memilih kosmetik.

"Petugas Loka POM Tanah Bumbu terus melakukan pengawasan secara rutin terhadap produk-produk kosmetik. Pengawasan tersebut meliputi kegiatan Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE), pemeriksaan sarana, pembinaan UMKM, serta penindakan terhadap produk kosmetik ilegal,' kata Kepala Loka POM Tanah Bumbu Rahmat Hidayat, di Batulicin Senin.

Rahmat mengatakan, pada kegiatan KIE masyarakat diajak turut serta untuk aktif menjadi konsumen cerdas dengan memilih kosmetik aman dan bermutu.

Kegiatan KIE yang dilakukan cukup beragam seperti inovasi penyebaran informasi di daerah terpencil dan kepulauan atau "Pais Acan",  pusat informasi dan pengaduan keliling atau "Patin Balalah", dan Badan POM Tanah Bumbu goes to Community atau BPOM Tanbu Go.

Baca juga: Loka POM Tanah Bumbu perkuat program "Pakasam Bungas"

Selain kegiatan inovasi, BPOM juga melakukan kegiatan rutin seperti sosialisasi, koordinasi lintas sektor, dan pameran pada hari jadi Kabupaten Tanah Bumbu dan Kabupaten Kotabaru.

BPOM Tanah Bumbu dalam melaksanakan kegiatan KIE selalu menggandeng lintas sektor terkait seperti dinas kesehatan, dinas perdagangan dan perindustrian, dinas pendidikan, organisasi kemasyarakatan, organisasi profesi, dan lain – lain.

Pengawasan sarana distribusi kosmetik dilakukan terhadap toko kosmetik dan klinik kecantikan selama tahun 2023. Di Kabupaten Tanah Bumbu dan Kotabaru terdapat 83,33 persen sarana yang memenuhi ketentuan dan 16,67 persen sarana tidak memenuhi ketentuan. Mayoritas temuan dari hasil pemeriksaan adalah terkait produk kosmetik ilegal atau tanpa izin edar.

Bagi masyarakat atau instansi di Kabupaten Tanah Bumbu dan Kotabaru yang ingin berkonsultasi atau bekerjasama dengan BPOM Tanah Bumbu, dapat menghubungi Kantor Loka POM di Kabupaten Tanah Bumbu di Jalan Transmigrasi KM.3,5 No.09, Desa Baroqah, Kecamatan Simpang Empat, Tanah Bumbu.

"Kami juga memberi layanan konsultasi yang dapat dilakukan melalui telepon atau whatsapp ke nomor 0838 2551 0434," terang Rahmat.

Baca juga: BPOM bagi tips cara milih kosmetik yang aman

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023