Pemerintah Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan melatih puluhan pemuda mengembangkan kewirausahaan sehingga mampu memiliki usaha yang mandiri dan berkesinambungan.
 
Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ikhwansyah Kabupaten Banjar mewakili Bupati Banjar Saidi Mansyur membuka Workshop Wirausaha Pemuda di Kiram Park Karang Intan, Jumat.

Baca juga: Pelatihan "Damas"
 
"Kami memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Forum Kewirausahaan Pemuda Kabupaten Banjar atas inisiatif dan dedikasinya mengorganisir kegiatan bertema kewirausahaan," ujar Ikhwansyah.
 
Ditekankan Ikhwansyah, kegiatan tersebut sejalan dengan komitmen Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Banjar untuk memberdayakan dan meningkatkan potensi wirausaha pemuda.
 
Ikhwansyah menuturkan Pemkab Banjar tidak hanya menyediakan fasilitas dan dukungan bagi setiap pengusaha muda pemula, tetapi juga aktif terlibat untuk meningkatkan kapasitas dan keterampilan.
 
"Workshop ini tentu sangat berguna karena memberikan bekal yang kuat kepada setiap wirausaha muda agar mampu bersaing di pasar yang semakin kompetitif sehingga dapat terus maju," ucapnya.

Baca juga: Pelatihan pemanfaatan teknologi dan informatika
 
Dikatakan Ikhwansyah, Pemkab Banjar peduli terhadap perkembangan UMKM, dengan memberikan dukungan penuh mendapatkan legalitas usaha, seperti Nomor Induk Berusaha (NIB), sertifikasi PIRT dan sertifikat halal.
 
Pelatihan juga akan membantu memperkuat posisi UMKM di pasar, seiring tujuan visi misi Kabupaten Banjar untuk memberdayakan, mengembangkan, dan meningkatkan potensi wirausaha pemuda.

Kepala Bidang Kepemudaan Disbudporapar Banjar Muhari mengatakan pelatihan sangat penting diikuti wirausaha muda untuk semakin kreatif dalam mengembangkan usaha.
 
"Sebanyak 50 orang diikutsertakan mengikuti pelatihan, selain FKP yang terus melakukan pembinaan. Salah satunya program inovasi Kurma Manis dimanfaatkan untuk penambahan pengetahuan," katanya.
 
Baca juga: Banjar Latih Petani Karet

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023