Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (Pemkab HST) meraih penghargaan bidang pendidikan sebagai terbaik pertama Gerakan Sekolah Sehat pada program Merdeka Belajar 2023 se-Kalimantan Selatan.

“Kemendikbudristek melalui Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Kalsel memberikan penghargaan kepada Hulu Sungai Tengah karena berkomitmen memajukan mutu pendidikan secara signifikan,” kata Kepala Dinas HST Muhammad Anhar di Barabai, Hulu Sungai Tengah, Minggu.

Baca juga: Pemkab HST gandeng Google untuk digitalisasi sistem pendidikan

Ia menyebutkan penghargaan yang diraih itu merupakan hasil dari kolaborasi seluruh unsur pendidikan di Hulu Sungai Tengah, terutama para tenaga pendidik yang bekerja keras meningkatkan kualitas pendidikan.

“Selain terbaik pertama program Gerakan Sekolah Sehat, Hulu Sungai Tengah juga meraih terbaik pertama persentase pemanfaatan platform Merdeka Belajar,” ucapnya.

Dia mengungkapkan Pemkab HST juga meraih tiga penghargaan lain di antaranya, terbaik ketiga persentase pelaksanaan transisi PAUD-SD, terbaik ketiga persentase kualitas data Dapodik jenjang SKB, PKBM, PAUD, SD, dan SMP, serta yang terakhir adalah penghargaan Duta Merdeka Belajar Terpuji pada aktivasi akun pembelajaran “belajar.id”, pemanfaatan rapor pendidikan dan platform merdeka mengajar (PMM).

Anhar menjelaskan penghargaan bidang pendidikan pada program Merdeka Belajar tahun ini diraih untuk kedua kalinya pada tingkat provinsi.

Kendati demikian, dia meminta jajarannya di satuan pendidikan tidak boleh cepat berpuas diri dengan penghargaan itu. Menurutnya, masih banyak tugas dan tanggung jawab yang harus dibenahi untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) pendidikan.

Baca juga: Pemkab HST perkuat peran "Bunda Paud" dalam pendidikan anak

Ia mengungkapkan saat ini, Kemendikbudristek sudah mulai mengetahui kemajuan mutu pendidikan di Hulu Sungai Tengah. Oleh karena itu, pemerintah pusat memberikan kepercayaan dengan beberapa penghargaan baik tingkat provinsi maupun nasional.

“Tugas kami masih banyak, harapan saya semoga tahun depan kualitas pendidikan di Hulu Sungai Tengah mengalami peningkatan ke arah yang lebih baik lagi,” ujar Anhar.

Sebelumnya, Gubernur Kalsel Sahbirin Noor memberikan apresiasi kepada jajaran dinas pendidikan yang meraih berbagai kategori penghargaan Merdeka Belajar 2023 se-Kalsel.

“Program Merdeka Belajar ini dapat menumbuhkan semangat generasi bangsa agar lebih giat lagi belajar,” ujar Sahbirin.

Kepala BPMP Kalsel Yuli Haryanto mengatakan penghargaan itu diserahkan saat kegiatan Anugerah BPMP Awards 2023 di Kota Banjarmasin, pada 1-2 Desember 2023.

“Kami memberikan penghargaan kepada dinas pendidikan kabupaten dan kota yang berprestasi menyukseskan program Merdeka Belajar,” ujar Yuli.

Baca juga: HST gelar pendidikan politik bagi perempuan jelang Pemilu 2024
 

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023