Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan (Kalsel) melaksanakan kegiatan pembinaan dan penguatan peran Bunda Paud dalam rangka meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan anak usia dini (Paud) di daerah setempat.

“Bunda Paud harus memahami persoalan anak usia dini dengan menerapkan metode pembelajaran yang tepat,” kata Bupati HST Aaulia Oktafiandi dalam keterangan tertulis di Barabai, Hulu Sungai Tengah, Kamis.

Baca juga: PKK Kabupaten HSS latih BKB PAUD dan UP2K pada 11 kecamatan

Menurut Aulia, anak usia dini memiliki peran besar dalam pengembangan sumber daya manusia (SDM).

“Penyelenggaraan pendidikan di lembaga PAUD penting untuk memastikan pertumbuhan anak terjamin,” ucapnya.

Ia mengungkapkan jenjang Paud merupakan masa emas pertumbuhan anak, otak berkembang dengan cepat untuk menyerap segala sesuatu yang dilihat dan didengar.
Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) Aulia Oktafiandi (tengah) foto bersama dengan Bunda Paud se-Kabupaten HST di Barabai, Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan, Rabu (5/7/2023). (ANTARA/HO-Pemkab HST)

Lebih lanjut, pertumbuhan anak usia dini tidak hanya melalui pendidikan saja tetapi juga harus memperhatikan kesehatan melalui makanan bergizi agar tumbuh kembang anak dapat maksimal.
Aulia menyebutkan Pemkab HST berkomitmen untuk meningkatkan kemampuan Bunda Paud guna mendorong penyelenggaraan dan pelayanan pendidikan di Paud berkualitas untuk meningkatkan kualitas SDM di daerah setempat.

Baca juga: Imunisasi anak semakin gencar dilaksanakan Pemkot Banjarmasin

Dia berharap melalui pembinaan dan pembelajaran yang diberikan kepada Bunda Paud se-Kabupaten HST, para tenaga pendidik anak mampu mengimplementasikan ilmu pengetahuan yang diperoleh saat mengajar di Paud yang ada di desa maupun kelurahan.

Ia menuturkan pembinaan Bunda Paud tersebut juga sebagai langkah mendukung program pemerintah pusat yakni “Gerakan Transisi Paud ke Sekolah Dasar (SD)”.

Sementara itu, Kadisdik HST Muhammad Anhar mengatakan kegiatan penguatan peran Bunda Paud diikuti sebanyak 180 peserta dan dilaksanakan selama tiga hari yakni pada 5-7 Juli 2023.

Kegiatan penguatan peran Bunda Paud tersebut dihadiri oleh Widyaprada Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Kalsel Ahmad Gafuri, Kadisdik HST, Bunda Paud Kab HST Ceri Bayuni Budjang, Bidang Bina PAUD dan Dikmas HST, Pengawas TK dan Pengawas SD Disdik HST, Bunda Paud se-Kabupaten HST, dan lembaga terkait.

Baca juga: Bunda PAUD minta orangtua beri perhatian penuh tumbuh kembang anak

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023