Pemerintah Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan mendapatkan Piagam Universal Health Coverage (UHC) 2023 dari BPJS Kesehatan karena mendaftarkan 96 persen penduduk pada program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Penjabat Bupati Tapin Syarifuddin menyebutkan saat ini sebanyak 187.359 orang dari total 196.412 penduduk di Kabupaten Tapin telah terdaftar sebagai peserta program JKN.

Baca juga: Peserta BPJS Kesehatan Tapin Cukup Tinggi

“Artinya, sebesar 95,39 persen masyarakat Kabupaten Tapin sudah dipastikan memiliki jaminan kesehatan sehingga tidak perlu lagi memiliki rasa takut untuk berobat apabila memang membutuhkan pelayanan kesehatan,” ujar Syaripuddin saat menerima penghargaan pada acara Hari Jadi ke-58 Kabupaten Tapin di Rantau, Kamis.

Ia mengatakan penghargaan Piagam UHC merupakan sistem penjaminan kesehatan yang memastikan setiap warga memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif, bermutu dengan biaya terjangkau.

Syarifuddin mengungkapkan tindakan pemerintah daerah tersebut merupakan komitmen upaya memberikan jaminan kesehatan untuk seluruh  masyarakat Kabupaten Tapin.

"Raihan UHC ini menjadi kado manis yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Tapin kepada seluruh warganya pada peringatan Hari Jadi ke-58 Kabupaten Tapin ke-58," ungkapnya.

Lebih lanjut, Syarifuddin mengungkapkan Pemkab Tapin akan mengoptimalkan sektor yang bertujuan meningkatkan kemakmuran, termasuk perlindungan kesehatan.

Baca juga: BPJS Kesehatan Barabai Ghatering Bersama Badan Usaha Di Tapin

"Kita akan selalu berkoordinasi dengan BPJS Kesehatan dalam kaitannya menjaga keberlangsungan Program JKN di Kabupaten Tapin," ujarnya.

Pelaksana Harian Deputi Direksi Wilayah VIII BPJS Kesehatan Iqbal Anas Ma’ruf mengapresiasi komitmen dan keseriusan Pemerintah Kabupaten Tapin untuk mencapai predikat UHC ini.

“Pertama tentu kami ucapkan selamat hari jadi ke-58 Kabupaten Tapin. Kedua, kami juga sangat memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada bupati dan seluruh jajaran di pemerintahan Kabupaten Tapin atas komitmen serta keseriusannya dalam memastikan tercapainya UHC di Kabupaten Tapin,” ucap Iqbal.

Iqbal menyebut pencapaian UHC Kabupaten Tapin ini melengkapi formasi UHC di wilayah "Banua Enam" yang menjadi wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Barabai," ujarnya.

Baca juga: Gubernur Kalsel ingin Tapin jadi percontohan penyangga IKN Nusantara
 

Pewarta: M Fauzi Fadillah

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023