Yayasan Baitul Maal (YBM) PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah bersama Institute Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya memberikan bantuan kepada 15 guru dalam rangka peringatan Hari Guru Nasional.
 
Keterangan tertulis Humas PT PLN UID Kalselteng di Banjarbaru, Selasa, pemberian santunan belasan guru melalui program Generasi Cahaya Pintar (GENCAR) digelar di Aula Pascasarjana IAIN Palangka Raya, Sabtu (25/11).

Baca juga: PLN tanam puluhan bibit pohon dukung program nasional "Net Zero Emission"
 
Kegiatan dihadiri Rektor IAIN Palangka Raya Prof Ahmad Dakhoir, Wakil Rektor II Dr Syaikhu serta Ketua YBM PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Palangka Raya Budi Wahyono yang menghadirkan 15 guru honorer mulai SD hingga SMA baik negeri maupun swasta di Kota Palangka Raya.
 
"Kami mengapresiasi program Gencar dan YBM PLN karena tanpa guru kita tidak mungkin bisa menjadi seperti sekarang dan karena guru kita bisa membaca, menulis dan berhitung sehingga sungguh besar jasa guru kepada kita," ujar Prof Ahmad.
 
Ketua YBM UP3 Palangka Raya Budi Wahyono mengatakan, kegiatan sosial kemasyarakatan tersebut merupakan program dari YBM Pusat dan serentak dilaksanakan pada 20 provinsi di seluruh Indonesia.

Baca juga: PLN salurkan bantuan kelompok budidaya mandiri melalui Program "Electrifying Marine"
Ketua YBM PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Palangaka Raya Budi Wahyono, saat memberi sambutan pada program Generasi Cahaya Pintar (Gencar) dengan memberikan apresiasi atas dedikasi guru yang telah mengabdi, di Aula Pascasarjana IAIN Palangka Raya, Sabtu (25/11/2023). (ANTARA/HO-PLN UID Kalselteng)

 
"Program Gencar berkolaborasi dengan IAIN Palangka Raya dalam rangka Hari Guru Nasional dengan tema Bantuan Apresiasi Dedikasi Guru yang dilaksanakan YBM PLN secara serentak pada 28 Kampus se Indonesia, Sabtu (25/11," ucapnya.
 
Menurut Budi, para guru penerima bantuan sudah menjalani asesmen dan di survei untuk memastikan layak tidaknya menerima bantuan sehingga program tepat sasaran dan diberikan kepada mereka yang berhak mendapatkannya.

Baca juga: PLN UID Kalselteng salurkan bantuan ke ponpes yatim dan dhuafa Raudhatun Nasyi'in
 
"Kami menilai sudah sepatutnya kita memberikan apresiasi kepada guru sebagai pahlawan tanpa tanda jasa. Kami sangat berterima kasih dan memberikan apresiasi tinggi kepada para guru karena mereka semua yang membuat ilmu pengetahuan kita bertambah," tutur Budi.
 
Sementara itu, bantuan yang diberikan berupa uang tunai sebesar Rp2 juta kepada masing-masing guru yang diundang dan diharapkan bisa menjadi penyemangat bagi para guru memberikan sumbangsih untuk masyarakat melalui mengajar.
 
Salah satu penerima santunan Haji Muhammad Hudori yang mengajar di Pondok Pesantren Darul Ulum Palangka Raya mengaku terharu atas perhatian dari YBM PLN dan IAIN tersebut.
 
"Saya sudah mengajar di pondok pesantren selama kurang lebih 30 tahun dan merasa sangat terharu dan gembira, sebab termasuk salah satu guru yang mendapat bantuan dari program Gencar," ungkapnya.
 
Senada, seorang guru TK Al Firdaus Palangka Raya Mila Hartati juga berterima kasih atas bantuan yang diberikan YBM PLN dan IAIN Palangka Raya serta berharap ke depan kegiatan serupa bisa digelar sehingga kesejahteraan para guru bisa meningkat.
 
"Kami sangat berterima kasih atas bantuan yang diberikan karena bagi kami sebagai honorer, nilainya sangat besar sehingga berharap agar bantuan bisa dilanjutkan di masa akan datang," katanya.

Baca juga: PLN Gelar Bakti PDKB tingkatkan keandalan sistem jelang musim hujan

 

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023