Peringatan HUT ke-78 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan Hari Guru Nasional 2023 memberikan kesan mendalam pada masa kepemimpinan Bupati Banjar, Kalimantan Selatan Saidi Mansyur dan Wakil Bupati Banjar Said Idrus Al-Habsy.
 
Kesan itu tak lepas dari besarnya perhatian pasangan kepala daerah itu terhadap guru maupun tenaga kependidikan serta peningkatan kualitas pendidikan di kabupaten yang berjuluk "Serambi Mekkah" di Pulau Kalimantan itu.

Baca juga: Peningkatan kualitas pendidikan jadi fokus Pemkab Banjar
 
"Pemkab Banjar merekrut ribuan PPPK untuk tenaga guru sebanyak 627 formasi tahun 2022 dan tahun 2023 pengangkatan atau perekrutan PPPK bertambah, tenaga guru status PPPK dibuka sebanyak 934 formasi," ujar Bupati Banjar Saidi Mansyur di Kota Martapura pada beberapa waktu lalu.
 
Sejumlah program untuk meningkatkan kapasitas guru maupun tenaga kependidikan, mutu serta kualitas pendidikan di Kabupaten Banjar sudah dilaksanakan sejak 2022, seperti pendidikan dan pelatihan (diklat).
 
Diketahui, program diklat yang sudah dilaksanakan 2022, seperti Diklat Pendampingan PPG untuk guru-guru SD belum bersertifikasi, Bimtek implementasi program guru penggerak, Diklat peningkatan kompetensi guru pendamping khusus SD di sekolah inklusi, serta Diklat peningkatan kapasitas kepala sekolah dan pengawas sekolah dasar.
 
Kemudian, kegiatan tahun 2023 antara lain Diklat Pendampingan PPG untuk guru-guru SD yang belum bersertifikasi, Bimtek implementasi program guru penggerak jenjang SD, Pelatihan jurnalistik peningkatan karya tulis guru SD, dan Bimtek Penguatan Implementasi Kurikulum Merdeka Jenjang SMP (PTK SMP).
 
Selanjutnya, Diklat pembagi kabar pembelajaran berbasis digital guru SMP, Pelatihan bendahara BOS SMP Pelatihan operator Dapodik SMP, Pendampingan calon Guru Penggerak (Coaching Clinic) SMP, Pendampingan calon peserta Pendidikan Profesi Guru (PPG) SMP, Seminar Hari Pendidikan Nasional, Pelatihan Guru PJOK SMP, Pendampingan pengelolaan Dana BOS Jenjang SMP dan Pelatihan Pencegahan Bullying (Perundungan) jenjang SMP.
 
Selain perhatian terhadap jenjang SD, SMP dan SMA, Pemkab Banjar di bawah kepimpinan Bupati Saidi Mansyur dan Wakil Bupati Said Idrus Al-Habsyie yang mengusung visi Kabupaten Banjar Maju, Mandiri dan Agamis pada tahun 2023 juga cukup 
memperhatikan jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Baca juga: Bupati minta PGRI majukan dunia pendidikan Banjar
 
Bupati Banjar Saidi Mansyur (tengah) bersama Wakil Bupati Said Idrus Al-Habsy memperlihatkan Buku Muatan Lokal Arab Melayu untuk Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang diluncurkan pada puncak peringatan Hari Guru Nasional (HGN) di Stadion Demang Lehman Martapura, Sabtu (25/11/2023). (ANTARA/HO-Kominfo Kabupaten Banjar)


Kegiatan pada jenjang PAUD, seperti Bimbingan Teknis pengawas, penilik dan pamong sebanyak 32 orang, bimtek guru PAUD dan non ASN sebanyak 100 orang, Bimtek kepala TK 30 orang, Bimtek guru TK 100 orang dan Bimbingan Teknis PBD bagi PTK PAUD sebanyak 100 orang.
 
Selain kegiatan, apresiasi melalui pemberian insentif juga dilakukan terhadap tenaga pengajar, antara lain insentif Kepala Sekolah TK/PAUD, SD, SMP, Insentif Korwil Satuan Pendidikan, Insentif Guru Pondok Pesantren dan Madrasah, Ustad/Ustadzah, Guru PAUD, insentif Tutor Paket A, Paket B, Paket C, insentif Guru Inklusi SD, Insentif Guru SD dan SMP daerah terpencil serta insentif Guru Mor SD dan SMP.
 
Besarnya perhatian Pemkab Banjar terhadap guru-guru maupun tenaga kependidikan berbuah penghargaan nasional yang diraih periode bulan Oktober dan November tahun 2023 yakni peringkat 1 Anugerah Kihajar sebagai Daerah Jawara Belajar.id.
 
Anugerah Kihajar sebagai Daerah Jawara Belajar.id bagi Kabupaten Banjar diberikan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI pada penganugerahan Kihajar 2023 yang digelar di Senayan, Jakarta, Jumat (17/11).
 
Sebelumnya, penghargaan serupa juga diraih Kabupaten Banjar pada 2022 karena dinilai telah berhasil memenuhi delapan kriteria yakni dukungan penuh Pemda, aktivasi akun belajar.id yang tinggi dan pertumbuhan akun belajar.id baik.
 
Kemudian, adanya adopsi akun belajar.id siswa terutama pada uji kompetensi, terlaksananya praktik baik chromebook, terbacanya pemakaian chromebook pada MUA (monthly used activity), eksplorasi raport pendidikan dan pemanfaatan PMM di daerah dengan baik.
 
Penghargaan kedua tingkat nasional juga diraih berupa penghargaan tertinggi Apresiasi Bunda Paud Kabupaten Banjar Wiyata Darma Utama (Pin Emas) yang diberikan kepada Bunda PAUD Kabupaten Banjar Nurgita Tiyas.

Baca juga: Bupati lantik pejabat fungsional satuan pendidikan
 


Penghargaan diserahkan langsung Ibu Negara Iriana Joko Widodo yang didampingi Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim pada acara apresiasi Bunda PAUD tingkat nasional di Jakarta dan diberikan atas peran menggalakkan masa transisi PAUD ke SD yang menyenangkan.
 
Sementara itu, Bupati Banjar Saidi Mansyur dan Wakil Bupati Said Idrus Al-Habsy, serta unsur Forkopimda menghadiri puncak peringatan HUT ke-78 PGRI dan Hari Guru Nasional tahun 2023 yang diisi upacara diikuti tidak kurang 1.000 guru di Stadion Demang Lehman Desa Indrasari Kecamatan Martapura.
 
Bupati Banjar Saidi Mansyur memberikan apresiasi terhadap beberapa penghargaan yang diraih Disdik Banjar tingkat nasional yang menjadi motivasi bersama termasuk 
peringatan HGN yang menjadi ajang silaturahmi dan upaya mewujudkan bersama program baik program pusat dan daerah.
 
Sejumlah kegiatan menyemarakkan peringatan HGN di Kabupaten Banjar dengan tujuan lebih meningkatkan kapasitas, profesionalisme dan dedikasi guru dalam menjalankan tugas untuk mempersiapkan SDM sebagai basis terwujudnya generasi emas Indonesia tahun 2045.
 
Kegiatan yang dilaksanakan seperti peluncuran (launching) Buku Muatan Lokal Arab Melayu untuk Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kabupaten Banjar yang diawali penandatanganan halaman kata pengantar sambutan ditandatangani Bupati Banjar Saidi Mansyur.
 
"Kami mohon dukungan dan doa karena tanpa guru, maka program tidak bisa terlaksana dengan baik. Alhamdulillah antusias guru hari ini luar biasa semoga semua selalu disehatkan badan, mereka berjuang menghadapi tantangan namun tetap optimis dengan komitmen bersama dan yakin apa pun yang diwujudkan ke depan berjalan dengan baik," kata Saidi Mansyur.

Baca juga: Wabup tanggapi PU Fraksi DPRD atas raperda pesantren dan pendidikan agama
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023