Dinas Tenaga kerja, Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian (Disnakerkop UKMP) Hulu Sungai Selatan (HSS) menggelar pelatihan pengelolaan bisnis dan manajemen wirausaha, diikuti 100 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di kabupaten setempat.

Kepala Disnakerkop UKMP HSS Hj Siti Erma, melaporkan tujuan pelatihan untuk memberikan pengetahuan dan kemampuan wirausaha UMKM, dalam mengelola bisnis usahanya, baik terkait dengan manajemen keuangan, manajemen SDM, manajemen produksi.

"Begitupun manajemen pemasaran dan hal-hal yang terkait kewirausahaan, supaya memiliki kemampuan dan keterampilan manajemen menjalankan usaha industrinya secara benar dan sistematis, sehingga semakin berkembang dan berdaya saing," ucapnya mengutip pers release Diskominfo, di Kandangan, Rabu.

Baca juga: Pj Bupati HSS monev pembangunan SPAM dan jalan tembus Malinau-Kamawakan

Dijelaskan dia, untuk peserta berjumlah terdiri dari 100 orang, 80 orang dari industri kecil menengah dan 20 orang dari unsur PKK, GOW Kabupaten HSS, Darma Wanita serta PKK kecamatan.

Penjabat (Pj) Bupati HSS H Hermansyah, mengatakan berharap pelatihan tersebut dapat dapat terlaksana dengan baik dan lancar, serta memberikan hasil yang optimal sesuai tujuan.

"UMKM merupakan salah satu faktor yang mendukung ketahanan ekonomi masyarakat kita. sehingga keberadaan nya memerlukan dukungan dari para pemangku kepentingan, agar tetap dapat eksis di tengah kondisi perekonomian saat ini," ujarnya.

Menurut dia, dalam mengatasi masalah yang mungkin terjadi, sekaligus untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia pelakunya, maka kiranya kegiatan pelatihan ini penting adanya, dan hendaknya dapat menjangkau secara luas di tengah masyarakat.

Baca juga: Pemkab HSS dan PT AGM kerjasama Program Mitra Bakul Sembako GM

Melalui pelatihan ini supaya para peserta banyak belajar mengenai pengelolaan bisnis dan manajemen wirausaha bersama narasumber,  sehingga akan semakin kompetitif dan mampu bersaing guna menunjang perekonomian para pelaku usaha.

"Pengelolaan UMKM di HSS semakin meningkat karena PT Telkom Indonesia juga ikut mendukung dan mengintervensi kegiatan di HSS, karena Pj Ketua TP PKK HSS Hj Rusnawati Hermansyah adalah Officer 1 rumah BUMN area Kandangan dan Barabai PT Telkom Indonesia," ungkapnya.

Pelatihan pengelolaan bisnis dan manajemen wirausaha dibuka langsung Pj Bupati HSS, ditandai dengan penyematan tanda peserta baik oleh Pj Bupati HSS maupun Pj Ketua TP PKK HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023