Upaya mendorong dan memperkuat pengendalian inflasi di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Penjabat (Pj) Bupati HSS H Hermansyah, menyerahkan bantuan subsidi kepada pedagang sayur keliling yang mendekati daerah tambang.

Program kerjasama antara Pemkab HSS dan Pt. Antang Gunung Meratus (AGM) melalui Program Mitra Bakul Sembako GM, bantuan diberikan dalam rangka pengendalian inflasi daerah di Kabupaten HSS.

"Mitra Bakul ini adalah kegiatan CSR dari PT AGM yang dikerjasamakan dengan Pemkab HSS guna menjangkau masyarakat yang jauh dari pasar induk dan berpenghasilan rendah," kata Kepada Dinas Ketahanan Pangan HSS H Mawardi,  mengutip pers release Diskominfo HSS, di halaman Kantor Kecamatan Padang Batung, Rabu.

Baca juga: Paman Birin Cup 3x3 Basketball Competition asah talenta anak muda HSS

Dijelaskan dia, beberapa wilayah yang tercakup dalam masyarakat ini ialah yang berada di ring 1, yaitu daerah yang mendekati wilayah tambang seperti Desa Batu Laki, Desa Batu Bini, Desa Malutu, dan Desa Malilingin.

Indikator keberhasilan dari program pertama adalah stabilitas pasukan dan ketersediaan yang cukup, kemudahan akses pangan bagi masyarakat dan bahan yang diperjualbelikan berupa bahan sembako.

Bahan sembako tersebut meliputi daging ayam, telor ayam, ikan segar, bawang merah, bawang putih, cabe merah, cabe kriting , tempe, tahu, beras dan minyak goreng.

"Selain mendapat subsidi dari bahan yang diperjualbelikan ini, mereka juga akan mendapat subsidi berupa bahan bakar, dalam sehari akan diberikan dua liter bahan bakar," ujarnya.

Adapun biaya yang dikeluarkan untuk kerja sama ini berjumlah Rp 30,1 juta dan Paman Sembako mendapatkan subsidi barang sebesar Rp146 ribu per hari, sehingga kegiatan ini akan dilaksanakan selama 20 hari.

Baca juga: Danrem 101 Antasari apresiasi bantuan rehabilitasi sekolah dari PT AGM

Pj Bupati HSS H Hermansyah, mengatakan dirinya menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan yang telah dilaksanakan, dan bersyukur bisa melaksanakan salah satu inovasi daerah yaitu bantuan subsidi untuk Paman dan Bibi Bakul.

Para penerima bantuan adalah mereka beroperasi di daerah pegunungan, sehingga kerjasama ini dimaksudkan dengan PT AGM telah memberikan subsidi bagi Paman dan Bibi Bakul agar harga di daerah pegunungan yang jauh dari pasar induk dan pasar rakyat bisa lebih murah.

"Saya berharap agar program ini bisa terus dilanjutkan, dan dapat menurunkan inflasi di Kabupaten HSS agar bisa terkendali," pungkasnya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023