Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan menjadi tuan rumah membangun sinergitas dan konektivitas Kalimantan menghadapi persiapan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kabupaten Paser Utara, Kalimantan Timur.
 
Pemprov Kalsel pun menggelar simposium nasional bertema "Konektivitas dan sinergitas Kalimantan untuk persiapan IKN" dengan mengundang semua gubernur di Kalimantan sebagai pembicara kunci (keynote speaker) secara daring di Gedung Mahligai Pancasila Banjarmasin, Kamis.

Baca juga: Kalsel lanjutkan perbaikan jalan ke IKN di perbatasan Kaltim
 
Sebagai tuan rumah, Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor menyebutkan Simposium Nasional IKN lima provinsi di Kalimantan memiliki peran dan tanggung jawab yang besar untuk menyukseskan pembangunan IKN.
 
"Pembangunan infrastruktur yang terintegrasi dengan IKN menjadi hal penting yang harus dilakukan, agar seluruh wilayah di Kalimantan dapat memanfaatkan seluruh peluang setelah IKN ditetapkan," katanya.
 
Dia menambahkan konektivitas dan sinergi antarwilayah di Kalimantan merupakan kunci penting mensukseskan persiapan IKN.
 
“Kalimantan yang sangat luas memerlukan keterpaduan infrastruktur dan kelembagaan lintas wilayah dan sektoral agar roda pembangunan IKN bisa berjalan optimal," tutur Sahbirin.

Baca juga: Wabup Tabalong: ASN harus siap hadapi perubahan karena IKN
 
Gubernur akrab disapa Paman Birin itu berharap diskusi simposium ini dapat menghasilkan rekomendasi konkrit yang dapat menjadi masukan bagi pemerintah daerah maupun pusat untuk merumuskan kebijakan pembangunan IKN di Kalimantan.
 
"Khusus Kalsel Babussalam, semoga bisa menjadi pintu keselamatan sebagai pintu gerbang IKN," ucap Sahbirin.
 
Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalsel H Muhammad Muslim sebagai penyelenggara acara simposium nasional tersebut menyampaikan, kelima pimpinan daerah atau gubernur di Kalimantan berkomitmen untuk persiapan IKN.
 
Selain Kalsel, adapun para kepala daerah di Kalimantan itu, yakni Pj Gubernur Kalimantan Barat Harisson, Gubernur Provinsi Kalimantan Utara Zainal Arifin Paliwang, Gubernur Provinsi Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran dan Pj Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik.

Baca juga: Pemprov Kalsel: Organda dukung pembangunan gerbang IKN
 
"Selain ada diskusi juga dengan para tokoh di provinsi Kalsel, kita undang juga pihak otoritas IKN," ungkap Muslim.
 
Muslim menyampaikan Pemprov Kalsel mengintegrasi dan mengkoneksikan infrastruktur dengan wilayah di Kalimantan sesuai dengan arahan Gubernur Provinsi Kalsel.
 
"Kita Provinsi Kalsel juga punya keinginan dan persiapan bagaimana mengkoneksikan infrastruktur ke IKN. Untuk itu melalui kegiatan ini kita sama persepsi dalam rangka persiapan Kalimantan menyambut IKN,” ujarnya.

Baca juga: Dukung gerbang IKN, media di Kalsel diminta pro aktif publikasikan

Pewarta: Sukarli

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023