Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Pemprov Kalsel) melanjutkan perbaikan akses jalan menuju Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di bagian utara yang berbatasan langsung dengan Kalimantan Timur.

“Kita sudah menerima hibah aset dari Kabupaten Balangan untuk melanjutkan pembangunan, kabupaten ini strategis karena berbatasan langsung dengan Kalimantan Timur,” kata Gubernur Kalsel Sahbirin Noor di Banjarmasin, Rabu.

Baca juga: Wabup Tabalong: ASN harus siap hadapi perubahan karena IKN

Ia menyebutkan selain berbatasan langsung dengan Kaltim, Kabupaten Balangan juga berbatasan dengan beberapa kabupaten lain di Kalsel, yakni Balangan dan Kotabaru. Upaya tersebut membantu percepatan pembangunan akses jalan 13 kabupaten dan kota di Kalsel untuk menuju ke IKN Nusantara.

“Pembangunan ruas jalan dan sarana pendukung lainnya segera kita lanjutkan agar akses menuju IKN secepatnya selesai, dan tentunya langkah ini menjadi hal positif memberikan akses luas bagi masyarakat Kalimantan Selatan,” ucapnya.

Dia menuturkan peran pemerintah daerah baik provinsi maupun kabupaten dan kota sangat penting untuk mewujudkan Kalimantan Selatan sebagai gerbang IKN Nusantara khususnya bidang pangan. Sehingga hal itu perlu didukung dengan akses jalan yang merata.

Baca juga: Universitas Ahmad Yani Banjarmasin dan PT IKN kerja sama ketahanan pangan

Sahbirin menjelaskan, tak hanya pembangunan akses jalan yang baru, tetapi juga memperbaiki ruas jalan yang sudah rusak.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kalsel Ahmad Solhan menyatakan pihaknya siap secara sumber daya untuk melanjutkan pembangunan akses jalan menuju IKN.

Dia menyebutkan untuk mendukung percepatan pembangunan jalan di bagian perbatasan Kaltim, pihaknya juga membuka akses jalan di area ibu kota provinsi yakni Kota Banjarbaru yang disambungkan langsung ke Kabupaten Balangan.

“Kita turun ke lapangan menyurvei proses pembangunan, kita juga mendorong perbaikan jalan di kabupaten kota agar lebih mudah terhubung melalui jalan provinsi dan nasional menuju ke IKN Nusantara,” ujar Solhan.

Baca juga: Ketum Ikadin minta advokat di Kalsel tingkatkan kualitas menyongsong IKN

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023