Bupati Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan HM Zairullah Azhar merencanakan menaikkan insentif kader posyandu mencapai Rp500 ribu per bulan.

"Insya Allah, rencana ini akan direalisasikan pada periode 2024," katanya Zairullah saat penutupan acara bimbingan teknis (Bimtek) pelaksanaan posyandu di Batulicin Senin.

Baca juga: Bupati Tanah Bumbu lantik kades terpilih di tiga kecamatan

Dia mengatakan, sementara ini para kader posyandu mendapatkan insentif Rp200 ribu per bulan dan akan dinaikan Rp500 ribu per bulan.

Menurut Bupati, naiknya insentif kader posyandu untuk memberi motivasi dan semangat para kader agar bekerja lebih baik lagi. Utamanya dalam hal penanganan stunting di wilayah kerjanya.

Bupati juga menekan para kader posyandu agar dapat meningkatkan kapasitas dan kualitas kerjanya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Baca juga: BPBD Tanah Bumbu bekali praja IPDN mitigasi bencana

"Harapannya kader posyandu dan kader lansia menjadi kader penggerak pembangunan kesehatan, terutama menjaga kesehatan ibu dan balita yang pada akhirnya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Bumi Bersujud," jelasnya.

Zairullah menambahkan, jika kader posyandu hebat dan cerdas, maka target penurunan angka stunting sebesar 14 persen di periode 2024 sebagai mana keinginan pemerintah pusat dapat tercapai.

"Saat ini ada 292 Kader yang aktif dari 152 Posyandu di seluruh Desa," tutup Zairullah.

Baca juga: Tanah Bumbu cegah inflasi melalui pasar murah

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023