Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan, menggelar operasi pasar murah bagi warga di Kecamatan Karang  Bintang untuk mencegah inflasi.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Perdagangan dan Perindustrian (Kumdagri) Kabupaten Tanah Bumbu Hamaluddin Tahir, di Batulicin, Kamis, mengatakan bahan pokok yang disiapkan di antaranya beras kemasan 5 kg, minyak goreng curah, kopi, dan kecap.

Baca juga: Jelang Nataru Pemkab Tanah Bumbu gelar operasi pasar murah

"Kami juga menyediakan berbagai kebutuhan pokok lain seperti tepung terigu, minyak goreng, mie instan, telur ayam, dengan selisih harga lebih murah di pasaran," kata Hamaluddin.

Beras kemasan tanpa merk seharga Rp78.000 menjadi Rp68.000/karung ukuran 5 kg, mnyak goreng merk Fitria (Rp19.000 menjadi Rp17.500), kopi kapal api (Rp23.000 menjadi Rp21.000/bungkus), dan kecap manis (Rp4.500 menjadi Rp3.300/bungkus).

Selain mencegah inflasi, Hamaluddin menuturkan operasi pasar juga membantu masyarakat untuk mendapatkan kebutuhan bahan pokok dengan harga yang lebih murah dibandingkan di pasaran

Dalam kegiatan ini, Dinas Kumdagri Tanah Bumbu juga melibatkan TP PKK Tanah Bumbu, dan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, PT Khong Guan Gruop, PT Indofood, dan PT Kalimas Kharisma.

Baca juga: Pascalebaran ketersediaan Sembako di Tanah Bumbu relatif aman

Hamaluddin berharap beban masyarakat semakin ringan dalam mendapatkan bahan kebutuhan pokok dengan harga yang lebih terjangkau dan murah.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada pihak perusahaan sehingga acara ini sukses dan dapat terlaksana dengan baik," ucap Hamaluddin.

Sementara itu, Ketua TP PKK Tanbu Wahyu Windarti Zairullah Azhar menyambut baik dengan kegiatan yang dilaksanakan Dinas Kumdagri untuk membantu masyarakat mendapatkan bahan pokok dengan harga murah.

Windarti juga menyerahkan bantuan paket sembako kepada warga lanjut usia (lansia) dan jompo.

Tampak hadir, Camat Karang Bintang Syafruddin, TP PKK Kabupaten Tanah Bumbu, TP PKK Kecamatan dan Desa, serta pihak perusahaan.

Baca juga: Tanah Bumbu cegah inflasi melalui pasar murah

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023