Puluhan pelajar dari sejumlah sekolah di Hulu Sungai Utara (HSU), Kalimantan Selatan menggelar aksi bersih-bersih sampah bersama warga setempat di sekitar Pasar Induk Amuntai.

Koordinator Lapangan aksi bersih-bersih Afliha Muharrima mengatakan kegiatan tersebut merupakan bentuk perhatian serius para pelajar terhadap kebersihan pada fasilitas umum yang ada di Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Baca juga: Kurangi beban TPA, 145 bank sampah terus diaktifkan

"Di sini kita melakukan bersih-bersih yang juga untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda pada tahun ini," kata Afliha di HSU, Jumat.

Melalui aksi membersihkan sampah tersebut, Afliha menuturkan masyarakat dapat semakin menyadari dan termotivasi untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

Selain itu, Afliha berharap masyarakat dapat semakin memperhatikan lingkungan sekitar, seperti membuang sampah pada tempatnya agar kebersihan lingkungan dapat selalu terjaga dan pemandangan lebih enak dilihat.

Baca juga: HSU Peringati Hari Peduli Sampah

Sementara itu, salah satu warga sekitar Fahmi menyambut baik aksi bersih-bersih yang dilakukan sejumlah pelajar di HSU dan menjadi contoh dalam menjaga lingkungan, yaitu tidak membuang sampah sembarangan apalagi ke sungai.

"Melalui aksi bersih-bersih ini masyarakat juga dapat termotivasi untuk tidak membuang sampah sembarangan, yang berdampak negatif pada lingkungan kita salah satunya bisa terjadi bencana banjir," ujar Fahmi.

Diketahui aksi simpatik tersebut, para pelajar yang tergabung dalam Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Hulu Sungai Utara sangat antusias secara bersama-sama membersihkan sepanjang jalan, lorong hingga sisi-sisi toko di Pasar Induk Amuntai.

Baca juga: Pembangunan HSU Memperhatikan Isu Lingkungan

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023