Pemuda Kabupaten Tapin Provinsi Kalimantan Selatan menampilkan pesona alam dan budaya masyarakat Dayak melalui kegiatan bernama Ruai Rindu Meratus bertemakan "The Guardian Of Harmonize".

Kapten Tim Ruai Rindu Meratus Hendra Gunawan mengatakan acara yang dilaksanakan di kawasan strategis nasional Bendungan Tapin itu untuk mengangkat potensi wisata alam dan budaya di Kecamatan Piani.

Baca juga: Bupati Tapin senang Ruai Rindu Meratus promosikan wisata melalui Sumpah Pemuda

"Ada ratusan peserta dari berbagai daerah di Kalsel yang ikut meramaikan acara tahunan ini. Acara kita sukses walaupun banyak rintangan dan halangan," ungkap Hendra di Rantau, Senin.

Hendra mengungkapkan acara yang digelar di kawasan Pegunungan Meratus, Desa Pipitak Jaya selama tiga hari tersebut juga untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda.

"Acara utama kita sejak event pertama pada 2019, yakni salah satunya adalah upacara Sumpah Pemuda," ucap Hendra.

Baca juga: Bupati ajak masyarakat ikuti Ruai Rindu Meratus di Bendungan Tapin
Upacara Hari Sumpah Pemuda di acara Ruai Rindu Meratus di kawasan Pegunungan Meratus, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, Minggu (29/10/2023). ANTARA/Muhammad Fauzi Fadilah

Selain itu, kata Hendra, kegiatan tersebut juga melibatkan masyarakat setempat baik sebagai talenta pada acara hiburan, ritual hingga penjualan produk khas Dayak Meratus.

"Ke depan, kita tak ingin masyarakat adat hanya jadi penonton saat pariwisata bertaraf nasional Bendungan Tapin selesai dibangun. Dengan event yang rutin dilaksanakan ini adalah upaya kita membuka pikiran masyarakat dan pada akhirnya SDM setempat mampu untuk menjadi pemeran utama di kampung halamannya," ungkapnya.

Hendra mengungkapkan, meskipun Ruai Rindu Meratus masuk sebagai "calender of event" Kalimantan Selatan tak menjamin pendanaan untuk pelaksanaan.

Baca juga: Perajin gelang simpai Dayak Meratus dulang rezki di Tapin Art Festival

"Selain dari dana proposal ke perusahaan swasta, kita panitia juga patungan, ada yang satu juta hingga Rp10 juta agar acara tersebut berjalan maksimal," ungkapnya.

Tindakan nekat tersebut, ungkap Hendra, tergerak karena pemuda Tapin yang tergabung dalam Ruai Rindu Meratus memiliki rasa peduli untuk kemajuan masyarakat Dayak Meratus di Kecamatan Piani.

"Kepada pemerintah daerah, kita harapkan melek terhadap potensi wisata di sana dan turun tangan secara penuh," tutur Hendra.

Pewarta: M Fauzi Fadilah

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023