Perajin gelang simpai khas Dayak Meratus mendulang rezeki dalam acara Tapin Art Festival 2023 yang dilaksanakan Yayasan Bilik Budaya di ruang terbuka publik Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan mulai dari 5-9 Agustus 2023. 

Perajin Gelang Simpai Meratus Bagan mengatakan Tapin Art Festival ini adalah salah satu acara seni budaya yang terbesar di Kalimantan Selatan, selama empat hari ini sudah ada puluhan pengunjung yang meminta dibikinkan gelang simpai langsung di tangan. 

"Tapin Art paling rame, kalah acara yang lain," ujarnya kepada ANTARA di Tapin, Selasa.

Baca juga: Seniman se-Kalimantan antusias daftar Tapin Art Festival 2023 

Dia mengatakan gelang simpai khas masyarakat dayak ini, terbilang unik karena pembuatannya diproses langsung di tangan dengan cara dianyam. Sedangkan bahannya dari rotan dan tanaman sejenis paku yang tumbuh di Pegunungan Meratus Kalimantan. 

"Harga tergantung motif dan tingkat kerumitan, mulai dari Rp30 ribu sampai Rp250 ribu," ujar lelaki berambut gondrong itu. 

Sampai ke penghujung acara, ucap Bagan, pengunjung yang akan bergelang simpai sebagai kenang-kenangan bakal mencapai 100 orang. Artinya, perajin gelang simpai ini bakal meraup untung jutaan rupiah saat Tapin Art Festival berlangsung. 

"Kebanyakan pengunjung meminta dibikinkan gelang simpai standar, harga Rp40 ribuan," ujar Bagan. 
 
Ragam pilihan motif gelang simpai Khas Dayak Meratus saat di acara Tapin Art Festival, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, Selasa, (8/8/2023). Muhammad Fauzi Fadilah

Salah satu pengunjung Tapin Art Siva (20) mengatakan tertarik menggunakan gelang simpai ini karena tampilan unik dan elegan terlihat di tangan. 

"Unik, sebelumnya juga pernah memakai gelang simpai ini," ujar perempuan itu.

Tapin Art Festival 2023 bertajuk "Agung Budaya Anjung Banua" digelar 5-9 Agustus menampilkan beragam kegiatan, seperti festival tari se-Kalimantan, pameran UMKM, lomba mural, dan penampilan artis lokal hingga nasional.

Ketua Pelaksana Imam Rinaldy mengatakan jumlah pengunjung mencapai puluhan ribu orang per hari, ditaksir terjadi transaksi ekonomi mencapai miliaran rupiah.

"Kita target akan terjadi transaksi ekonomi sampai Rp10 miliar," ujarnya. 

Baca juga: Pelukis asal Kalimantan pamerkan karya mural di Tapin Art Festival 2023




 

Pewarta: M Fauzi Fadillah

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023