Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan kembali menggelar bazar pangan murah dalam upaya pengendalian inflasi di daerah, di gelar dengan kolaborasi beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) setempat.

OPD tersebut yakni, Dinas Perdagangan, Dinas Pertanian, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Perikanan, dan Disnakerkop UKMP, serta menggandeng jua pihak swasta.

"Pasar murah digelar agar masyarakat bisa menjangkau harga pokok makanan, lebih murah dari harga pasar," kata Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten HSS Sudiono,  di Taman Palindangan Sehati, Kandangan, Rabu.

Baca juga: Polres HSS gelar pengobatan gratis guna jaga situasi jelang pemilu

Dijelaskan dia, setelah kegiatan di wilayah Kecamatan Kandangan tersebut, pihaknya kembali akan melaksanakannya pasar murah pada 30 Oktober 2023 di Kecamatan Daha Utara.

Pasar murah akan dilakukan dengan konsep yang sama, di mana akan disediakan bahan pokok makan dari beras, minyak goreng, gula, ikan dan sayur-sayuran.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten HSS Saidinoor mengatakan, dalam pasar murah pihaknya menyediakan ikan nila dengan harga Rp25 ribu per kilo, atau lebih murah dari harga pasarnya di harga Rp35 ribu per kilo.

“Ikan yang dijual ini hasil budidaya masyarakat yang benihnya dari balai benih ikan,” ujar Saidinoor.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten HSS Muhammad Noor mengatakan, dalam kegiatan pasar murah ini menyediakan pula komoditi sayur-sayuran dan buah-buahan.

Baca juga: Gelar pangan murah TTI HSS sasar ke-48 dari 86 titik

Menurut dia, semua yang dijual di pasar murah dari hasil-hasil petani milenial, ada labu, pepaya, melon, cabe besar, cabe rawit dan cabe keriting, yang harganya di bawah harga pasar.

Adapun, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten HSS Ahmad Mawardi mengatakan, sesuai dengan hasil rapat pihaknya menjual beras, bawang merah, bawang putih, asam jawa dan telur ayam.

“Alhamdulillah, dengan harga yang lebih murah dari pasar, maka masyarakat kita jadi sangat antusias membeli bahan pokok di pasar murah,” ucap Mawardi.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023