Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan menyatakan telah memiliki 26 kampung permainan tradisional hingga saat ini.
 
Ketua KORMI Kota Banjarmasin Uzlah di Banjarmasin, Senin, menyampaikan kotanya sudah membentuk 26 Kelurahan sebagai kampung permainan rakyat bagi generasi muda.

Baca juga: Banjarmasin juarai lomba sepeda tua Kalsel
 
"Kami terus berupaya memperluas kampung bermain dengan target tiap kelurahan ada," ucapnya.

Kampung permainan tradisional ke-26 yang baru diresmikan KORMI Banjarmasin berada di Kelurahan Sungai Bilu Bandarmasih Timur.
 
Menurut dia, sebanyak 52 kelurahan di Kota Banjarmasin harus memiliki tempat untuk anak-anak atau generasi Z untuk bbermain terutama permainan tradisional daerah ini.
 
Di antaranya permainan tersebut adalah balogo, terompah, egrang, hadang/asinan, barongsai, ketapel, silat budaya, panco, sepatu roda dan panahan.
 
"Sehingga para generasi muda kita jangan sampai tidak tahu dan tidak bisa permainan daerahnya," ucap Uzlah.
 
Dia pun berharap, kampung bermain ini bisa dijaga dengan baik, terus aktif hingga terus berkembang menciptakan atlet yang berprestasi di daerah ini.
 
Sebab, ungkap dia, permainan yang di bawah KORMI tersebut, tidak hanya menciptakan peran positif, namun juga ada tindak lanjutnya dalam ajang nasional.

Baca juga: Semangat Siti Nursiah melestarikan permainan tradisional
 
Karena setiap tahun, KORMI menyelenggarakan Festival Olahraga Rekreasi Daerah (FORDA) baik tingkat kota maupun provinsi.
 
Puncak penyelenggaraan permainan tradisional, yakni Festival Olahraga Rekreasi Nasional (FORNAS).
 
"Jadi permainan ini tidak hanya sebagai kesenangan, tapi juga memunculkan prestasi yang membanggakan daerah," ujarnya.
 
Sementara itu, Lurah Sungai Bilu, Banjarmasin TTimu Aswin Hermawan menyampaikan akan bberupayamembina terhadap kampung bermain yang baru saja diresmikan KORMI.
 
"Saya lihat anak-anak Sungai Bilu banyak yang memiliki bakat, ini menjadi kesempatan untuk berkembang," tuturnya.
 
Dia pun berharap, dengan adanya tempat seperti ini, generasi di daerahnya bisa makin sehat, berprestasi, selalu bertindak positif dan menjadi generasi penerus permainan tradisional di zaman serba canggih permainan modern ini.

Baca juga: Ratusan siswa Banjarmasin meriahkan permainan tradisional

Pewarta: Sukarli

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023