Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) menerima Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran atau DIPA tahun anggaran 2024 dari Kementrian Keuangan melalui Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN Tanjung) dan menerima alokasi dana transfer sebesar Rp1,33 triliun.

“Alhamdulillah, tahun ini naik sekitar Rp224 miliar atau 20,23 persen dari tahun 2023, yaitu kita mendapat Rp1,33 triliun pada tahun 2024,” kata Pj Bupati HSU Zakly Asswan di Amuntai, Senin.

Baca juga: Ratusan peserta ikuti lomba "Balogo" se-Kalsel di HSU

Zakly Asswan melanjutkan, dia mengharapkan di samping realisasi dapat dipercepat, penggunaan alokasi anggaran juga diharapkan dapat tepat sasaran.

Selain itu Zakly juga mendorong seluruh SKPD agar dapat terus meningkatkan kinerja untuk kemajuan pembangunan di Kabupaten HSU.

Sementara itu Kepala KPPN Tanjung, Sigid Mulyadi berharap diserahkannya DIPA ini Pemkab HSU dapat segera memasukkan rencana program kerja ke dalam APBD induk 2024, khususnya yang dibiayai melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) sehingga realisasinya dapat dipercepat.

Baca juga: Warga Murung Sari dan Puskesmas Sungai Karias senam bersama

"Dengan adanya data ini, data alokasi fisiknya mudah-mudahan bisa segera masuk ke dalam APBD induk dan bisa dilaksanakan diawal tahun 2024 tanpa menunggu pergeseran anggaran," harapnya.

Sigid menuturkan karena tahun ini tidak ada, InsyaAllah tahun depan ada dana insentif untuk Kabupaten HSU sebesar Rp7,7 miliar.

Selain itu Sigid juga mengapresiasi kinerja Pemkab HSU yang telah meningkatkan realisasi anggaran tahunnya, sehingga pembangunan dapat berjalan lancar.

Sigid juga memuji penyaluran dana desa di Kabupaten HSU termasuk yang tertinggi di Kalimantan Selatan, yaitu terkait kecepatan penyaluran dana desa.

"Harapan kami untuk tahun ini dana desa bisa kembali, artinya HSU bisa kembali meraih penghargaan terkait kinerja dana desanya," tuturnya.

Baca juga: Sekda HSU dorong ASN untuk pelayanan cepat dan tepat

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023