Sebanyak 235 peserta dari kabupaten/kota se-Kalimantan Selatan mengikuti lomba "Balogo" yang dilaksanakan Gabungan Olahraga Balogo Indonesia (GOBI) bersama Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (Kormi) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU).

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten HSU Ahmad Rijani mengapresiasi lomba Balogo tersebut untuk melestarikan permainan tradisional dan ajang mempererat hubungan sesama pemain.

Baca juga: Pemkab HSU siap berikan pelayanan maksimal melalui MPP

“Kami sangat mendukung dan mengapresiasi lomba ini, semoga permainan tradisional ini dapat semakin eksis pada masa sekarang,” kata Ahmad Rijani saat dikonfirmasi di Amuntai, Kabupaten HSU, Minggu.

Rijani mengapresiasi pegiat Balogo se-Kalsel yang telah aktif berperan menjaga dan melestarikan olahraga tradisional ini.

Rijani menambahkan kegiatan lomba Balogo juga menjadi hiburan dan tontonan menarik dan menyenangkan bagi masyarakat.

Baca juga: Pemkab HSU sosialisasikan pendataan industri kecil menengah

Selain bertujuan untuk melestarikan olahraga tradisional, Rijani menyebut lomba Balogo diharapkan dapat membangkitkan semangat berolahraga di kalangan masyarakat.

Ke depannya, Rijani menyatakan lomba tradisional Balogo akan menjadi sebuah platform baru untuk meraih prestasi yang dapat membawa nama baik Kabupaten Hulu Sungai Utara.

"Pemerintah daerah menaruh harapan kepada para peserta agar bisa mengambil pelajaran dan mengevaluasi kualitas permainan Balogo," tutupnya.

Baca juga: Kalsel kemarin, dari Museum hadirkan koleksi masyarakat hingga BPJAMSOSTEK-Kejati perpanjang kerja sama.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023