Warga Kelurahan Murung Sari dan Puskesmas Sungai Karias, Kabupaten Hulu Sungai Utara melaksanakan senam bersama dalam mewujudkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Lapangan Pahlawan Amuntai.

“Senam bersama kali ini sangat antusias sekali diikuti sejumlah pihak mulai dari Lurah, Ketua RT, kader kesehatan hingga petugas Puskesmas,” kata Ketua RT 01 Murung Sari Rizki Prihidayat kepada ANTARA, Sabtu.

Rizki menuturkan senam bersama ini dalam rangka untuk mewujudkan masyarakat yang peduli terhadap kesehatannya tersebut, merupakan sebuah wadah untuk bersama-sama mewujudkan Germas.

Menurut Rizki dengan menggalakkan Germas ini melalui salah satu kegiatannya yaitu senam bersama, program Germas di Kelurahan Murung Sari dapat semakin berkembang.

Selain itu ujar Rizki kegiatan ini juga sangat bagus bagi para warga, yang mana selain menambah kesehatan juga menjalin tali silaturahmi serta senam ini biasa dilakukan oleh para ibu-ibu saat akhir pekan. 

Oleh karena itu lanjut Rizki, perlu mempercepat dan mensinergikan tindakan dari upaya promotif dan preventif hidup sehat guna meningkatkan produktivitas penduduk dan menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan akibat penyakit.

Sementara itu Lurah Murung Sari Norjannah, sangat menyambut baik kegiatan program Germas yang dilaksanakan di kelurahannya.

“Terima kasih untuk Puskesmas Sungai Karias yang telah memperhatikan kesehatan warga kami dan atas kerja samanya selama ini, semoga kesehatan warga Murung Sari dapat selalu terpantau dengan baik," ucap Lurah. 

Lurah Murung Sari menambahkan, pada rangkaian kegiatan yang pihaknya lakukan adalah senam cuci tangan, makan makanan sehat dan pemeriksaan tensi. 

Sebagaimana diketahui, Germas dijalankan sesuai dengan Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023