Wali Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan Muhammad Aditya Mufti Ariffin mengharapkan TNI semakin kuat dan kokoh sebagai garda paling depan mempertahankan keutuhan bangsa dalam bingkai NKRI.
 
"Semoga TNI semakin kuat dan kokoh sebagai garda pertahanan bangsa dan negara," ujar wali kota usai mengikuti upacara HUT ke-78 TNI yang dipusatkan di Lapangan Dr Murdjani Banjarbaru, Kamis.

Baca juga: Giant White and Red flag hoisted in Batakan Beach by 120 TNI, Polri personnel
 
Menurut Aditya, selain menjadi garda terdepan pertahanan negara, TNI juga diharapkan mampu menjaga kesatuan dan persatuan bangsa baik dari serangan ideologi maupun sisi demokrasi negara.
 
Aditya menuturkan, hal itu sejalan dengan tema yang diusung pada peringatan hari ulang tahun TNI tahun 2023 yakni "TNI Patriot NKRI Pengawal Demokrasi untuk Indonesia Maju".
 
"Harapan kita semua, TNI sebagai patriot NKRI mampu menjalankan tugasnya menjaga keutuhan negara dan mengawal demokrasi menuju Indonesia maju dan berkembang pesat," ucap Aditya.
 
Upacara peringatan HUT ke-78 TNI di Lapangan Murdjani dipimpin Danrem 101/Ant Brigjen TNI Ary Aryanto sebagai inspektur upacara dihadiri Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, dan unsur Forkopimda Kalsel.
 
Selain itu, disaksikan kepala daerah se-Kalsel, kepala satuan kewilayahan baik jajaran TNI maupun Polri serta tamu undangan lain termasuk ulama yang mengikuti kegiatan sejak pagi hingga menjelang siang.
 
Sementara, puncak peringatan HUT ke-78 TNI di Lapangan Dr Murdjani Banjarbaru diisi berbagai atraksi mulai dari drama perjuangan sosok Jenderal Besar Sudirman bersama pasukannya menghadapi serangan tentara Belanda.
 
Kemudian atraksi kemampuan para prajurit menghadapi ancaman dan gangguan pelaku kejahatan, unjuk kebolehan ratusan karateka, aksi kekuatan fisik prajurit TNI hingga drumband dari FKPPI Kalsel.
 
Selanjutnya defile pasukan dari tiga Matra TNI yakni darat, laut dan udara termasuk sejumlah alutsista TNI yang melintasi lapangan Murdjani di depan tamu dan undangan pada kegiatan tersebut.
 
Baca juga: TNI-Polri chiefs check their security readiness to secure ASEAN Summit

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023