Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan menggalakkan layanan vaksin rabies untuk hewan peliharaan.
 
Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjarmasin Drh. T Inayatsyah di Banjarmasin, Kamis, menyampaikan kegiatan ini berkaitan dengan memperingati Hari Jadi (Harjad) ke-497 Kota Banjarmasin.

Baca juga: Peringati hari rabies se dunia DKP3 Banjarmasin bakal gelar vaksinasi
 
Pemkot Banjarmasin membuka layanan gratis bagi vaksin rabies hewan peliharaan seperti kucing, anjing, musang dan kera pada 25--27 September 2023 di UPTD Kebun Binatang Mini dan Poliklinik Hewan Banjarmasin.
 
"Kita buka layanan setelah puncak peringatan Harjad ke-497 pada 24 September 2023," ujar Inayatsyah.
 
Inayatsyah menyampaikan kegiatan ini penting digalakkan agar para pencinta binatang lebih aman dengan hewan peliharaan, terlebih saat ini cukup banyak penyuka binatang di Kota Banjarmasin.
 
Menurut dia, kegiatan vaksin rabies untuk mewaspadai adanya penyebaran virus rabies di "Kota Seribu Sungai".
 
"Kita mewaspadai rabies, dan juga ini termasuk program pemerintah tiap tahun," ungkapnya.

Baca juga: Ratusan Hewan Peliharaan Divaksinasi
 
Inayatsyah menyampaikan, untuk syarat hewan peliharaan dapat dilayani vaksin rabies setidaknya hewan tersebut berusia tiga tahun.
 
"Sehat dan tidak dalam kondisi mengandung serta membawa buku vaksin," kata dia.
 
Menurut Inayatsyah, minimal 200 hewan peliharaan warga kota ini yang akan menerima vaksinasi rabies pada gelar layanan dalam rangkaian peringatan Harjad Kota Banjarmasin.
 
Diketahui, rabies adalah penyakit infeksi akut pada sistem syaraf pusat disebabkan oleh virus yang termasuk dalam genus Lyssavirus.
 
Penyakit ini sangat mematikan dan bersifat zoonosis atau menular dari hewan penular rabies (HPR) ke manusia sehingga upaya pencegahan melalui vaksinasi rabies.

Baca juga: Tanah Bumbu Vaksin 1.450 Anjing Antisipasi Rabies

Pewarta: Sukarli

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023