Penjabat (Pj) Bupati Tanah Laut, Kalimantan Selatan terpilih Syamsir Rahman mengatakan segera menangani masalah kekeringan yang telah melanda sejak beberapa bulan lalu akibat musim kemarau panjang.

“Kita menginginkan masalah kekeringan jangan sampai terulang lagi. Prioritasnya nanti adalah bagaimana menyiapkan air bersih terutama di daerah seperti Takisung, Panyipatan, maupun Kurau,” ujar Syamsir Rahman.

Baca juga: Gubernur Kalsel lantik penjabat Bupati HSS, Tapin dan Tanah Laut

Syamsir menyampaikan itu usai dilantik Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor sebagai Penjabat Bupati Tanah Laut di Banjarbaru, Rabu.

Bagi Syamsir, menyikapi kondisi kekeringan bukan lagi harus dimulai dari adaptasi, namun Pemkab Tanah Laut harus menangani secara berkelanjutan.

“Saya tidak bisa sendirian berlari. Makanya, dengan dibantu Sekretaris Daerah (Sekda) Tanah Laut," ungkapnya.

Dalam waktu dekat, Syamsir juga mengungkapkan segera bertemu dengan seluruh pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) termasuk unsur Forkopimda setempat.

Baca juga: Pemkab-DPRD Tanah Laut sepakati KUA- PPAS 2024

"Besok kita mengadakan pertemuan di acara coffee morning," tegasnya.

Dia mengakui sudah menyiapkan berbagai langkah dalam 30 hari pertama sejak menjabat menjadi Pj Bupati Tanah Laut termasuk memberikan arahan kepada SKPD.

Saat ini, kekeringan menjadi masalah besar di berbagai daerah termasuk Kabupaten Tanah Laut.

Terlebih, Tanah Laut juga dilanda kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dan ancaman gagal panen akibat kekeringan dampak dari kemarau panjang.

Baca juga: Penjabat Sekda pimpin upacara HUT ke-74 PGRI

Pewarta: Arianto

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023