Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan menilai kinerja seluruh kepala sekolah (Kepsek) mulai dari sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah pertama (SMP) guna meningkatkan mutu pendidikan dalam menjalankan program Merdeka Belajar.
 
Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin Nuryadi di Banjarmasin, Selasa, menyampaikan penilaian kinerja kepsek itu merupakan kegiatan rutin tahunan.

Baca juga: ULM kirim 195 mahasiswa belajar di 54 perguruan tinggi se-Indonesia
 
Karena, lanjut dia, penilaian tersebut penting dilaksanakan untuk memutuskan mutu dan menentukan kelulusan siswa di sekolah, sehingga bisa menjalankan program dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, salah satunya Merdeka Belajar.
 
Apalagi, Kota Banjarmasin sudah meraih anugerah sebagai salah satu kota terbaik pada program Merdeka Belajar se-Indonesia tersebut pada 2023.
 
Sehingga, lanjut Nuryadi, penilaian kepsek untuk memajukan mutu pendidikan di kota dan kinerja lainnya.
 
"Penilaian kinerja Kepsek saat ini tidak hanya didasarkan pada hasil pembelajaran siswa, tetapi juga mengacu pada hasil asesmen mereka. Oleh karena itu, para orang tua diharapkan mempelajari rapor sekolah anak mereka masing-masing untuk melihat evaluasi dan mutu sekolah tersebut," ujar Nuryadi.
 
Adapun aspek yang dinilai dalam kinerja kepala sekolah mencakup komitmen dalam tugas, pelaksanaan tugas dan hasil kerja, serta kompetensi kepribadian dan sosial.

Baca juga: Banjarmasin raih penghargaan "Merdeka Belajar" dari Kemendikbudristek
 
Nuryadi juga mengapresiasi partisipasi sekolah swasta dalam rapat bersama dan menekankan pentingnya pengembangan kepala sekolah pada semua jenis sekolah.
 
Pada tingkat pendidikan menengah, penilaian dilakukan oleh pengawas sekolah yang merujuk pada pedoman penilaian yang mencakup komponen kepribadian dan sosial, kepemimpinan, pengembangan sekolah, pengelolaan sumber daya, serta kewirausahaan dan supervisi. 
 
Nuryadi berharap data pelaksanaan tugas dari kepala sekolah dapat menjadi dasar pembinaan, promosi dan penghargaan yang diberikan kepada sekolah.
 
Nuryadi menekankan pentingnya karyawan dalam menjaga kualitas kerja dengan mematuhi indikator kinerja, seperti kedisiplinan dalam waktu.
 
"Dengan penilaian kinerja kepala sekolah ini, diharapkan kualitas pendidikan di Kota Banjarmasin dapat terus meningkat dan sebagai dasar untuk pengembangan sekolah.

Baca juga: Poliban berpartisipasi semarakkan "Bulan Merdeka Belajar" 2023

Pewarta: Sukarli

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023