Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Kalimantan Selatan (Kalsel) mengirim 195 mahasiswa untuk belajar pada 54 perguruan tinggi se-Indonesia melalui program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) 2023 yang digelar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

"195 mahasiswa ini berasal dari 41 program studi (prodi) di ULM dan akan melaksanakan perkuliahan outbound di 54 universitas," kata Rektor ULM Prof Ahmad Alim Bachri di Banjarmasin, Kamis.

Baca juga: Universitas Lambung Mangkurat kirim mahasiswa mengajar anak-anak TKI di Malaysia

Adapun penyebaran tersebut terdiri dari 15 perguruan tinggi di Pulau Sumatera, 28 perguruan tinggi di Pulau Jawa, lima perguruan tinggi di Nusa Tenggara, satu perguruan tinggi di Kepulauan Maluku, empat perguruan tinggi di Sulawesi, dan satu perguruan tinggi di Papua.

Rektor ULM berpesan agar mahasiswa menjadir ole model bagi perguruan tinggi tempat melaksanakan PMM dengan tidak ada catatan negatif sedikit pun.

"Ketika kembali ke ULM bawalah nilai-nilai yang luar biasa dan kalian berkewajiban menyosialisasikan seluruh manfaatnya kepada teman-teman di kampus agar tahun berikutnya mereka yang berkesempatan mengikuti PMM," ujarnya.

Baca juga: Universitas Lambung Mangkurat menuju 100 guru besar

Prof Alim mengaku bergembira sekaligus bangga jumlah peserta PMM tahun ini mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya. Tahun lalu peserta PMM hanya 126 mahasiswa.

PMM merupakan sebuah program mobilitas mahasiswa selama satu semester untuk mendapatkan pengalaman belajar pada perguruan tinggi di Indonesia sekaligus memperkuat persatuan dalam keberagaman.

Kemendikbudristek tahun ini menargetkan 204 perguruan tinggi penerima dan 15.505 mahasiswa peserta program dari seluruh Indonesia.

Baca juga: Tim ULM edukasi warga lima indikator pencegahan stunting

Pewarta: Firman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023