Pemerintah Kota Banjarmasin memperoleh penghargaan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia (RI) berupa anugerah sebagai salah satu kota terbaik pada program “Merdeka Belajar” se-Indonesia.

“Tadi kita mendapat surat pemberitahuan dari Mendikbudristek, Banjarmasin memperoleh anugerah Merdeka Belajar melalui program Guru Penggerak,” ucap Wali Kota Banjarmasin saat menghadiri acara pemilihan Duta Pemuda di Kota Banjarmasin, Sabtu tengah malam.

Baca juga: Poliban berpartisipasi semarakkan "Bulan Merdeka Belajar" 2023

Ibnu Sina menyebutkan ada total 540 kabupaten dan kota yang mengikuti program Merdeka Belajar tersebut.

“Ini semua tidak terlepas dari program Banjarmasin yang terus meningkatkan kualitas tenaga pengajar yakni guru,” katanya.

Ia menyebutkan guru memiliki peran penting untuk mencerdaskan kehidupan bangsa utamanya para anak muda sebagai generasi penerus.

Ibnu Sina berharap para tenaga pengajar yang mengikuti program  "Guru Penggerak” dapat lebih terampil berkreativitas menciptakan format pembelajaran yang lebih maju dan mengikuti perkembangan zaman.

Ia mengatakan anak murid harus memperoleh materi pembelajaran dari guru yang berkualitas.

Menurutnya, guru yang yang berkualitas akan menciptakan ribuan bahkan jutaan generasi emas yang dapat membawa perubahan dan kemajuan suatu bangsa.

Baca juga: Kemendikbudristek : HST serius tingkatkan SDM lewat penguasaan bahasa asing

Ibnu Sina memaparkan Guru Penggerak merupakan program Kemendikbudristek, guru mengikuti pendidikan selama enam bulan sebelum diangkat statusnya sebagai Guru Penggerak.

Guru Penggerak tersebut melalui berbagai tahapan sehingga memiliki kualitas dan kapasitas yang selanjutnya diberikan hak dan diangkat menjadi Kepala Sekolah sesuai ketentuan dari Kemendikbudristek.

Ia menyebutkan zaman sekarang untuk menjadi Kepala Sekolah tidak perlu lagi melalui tahapan dan proses panjang.

Melalui program Guru Penggerak, ia mengatakan, kualitas seorang tenaga pengajar dianggap memenuhi syarat dan kapasitas sesuai dengan kebutuhan di dunia pendidikan dasar hingga menengah.

Ibnu Sina menambahkan, melalui program tersebut kualitas pendidikan semakin meningkat dan mengikuti kemajuan teknologi serta pendidikan dapat terus berkelanjutan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Banjarmasin mengatakan banyak sisi positif yang dihasilkan oleh Guru Penggerak.

“Kualitas pendidikan kita semakin meningkat, kompetensi mereka tentunya semua bagus,” ucapnya.

Baca juga: Ketua DPRD minta kesejahteraan guru honor dan kontrak diperhatikan

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023