Setelah dilakukan pemeriksaan akhir masa jabatan kepala daerah di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) oleh Tim Pemeriksa Inspektorat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS mengelar Exit Meeting.

Pemeriksaan dilakukan Tim Pemeriksa Inspektorat Daerah Provinsi Kalsel selama dua belas hari, didasarkan surat perintah tugas Inspektur Daerah Provinsi Kalsel Nomor 800.1.11.1/002739/UP-SET/IP/2023.

"Capaian target indikator kinerja Pemkab HSS rata-rata di atas 90 persen, dengan predikat penilaian kinerja sangat baik terdapat pada tiga aspek," kata Pengendali Teknis Tim Pemeriksa R.R. Nine Suryanti, mengutip pers release Diskominfo HSS, di Kandangan, Ahad.

Baca juga: Wabup HSS bersyukur realisasi janji politik capai lebih dari 90 persen

Dijelaskan dia, tiga aspek tersebut meliputi aspek kesejahteraan masyarakat dengan jumlah 23 indikator, aspek pelayanan umum dengan jumlah 158 indikator, dan aspek daya saing daerah dengan jumlah tiga indikator.

Dengan total 184 indikator yang berpredikat sangat baik dari 215 indikator Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2018-2023, hal tersebut menunjukkan bahwa 85,58 persen capaian kinerja Pemkab HSS berpredikat "Sangat Baik".

Sekretaris Daerah HSS H Muhammad Noor, mengucapkan terima kasih dan mengaku bersyukur karena kinerja Pemkab HSS dari 2018-2023 telah masuk dalam predikat "Sangat Baik".

Baca juga: Pemkab HSS kembangkan kawasan Mal Pelayanan Publik

Diketahui tujuan dari pemeriksaan ini untuk memperoleh keyakinan terhadap capaian RPJMD, dengan melakukan evaluasi capaian RPJMD.

Selain itu, pemeriksaan juga berpedoman pada Permendagri Nomor 54 Tahun 2010 tentang pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 tentang tahapan, tata cara penyusunan, pengendalian, dan evaluasi pelaksanaan rencana pembangunan daerah.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023