Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Hulu Sungai Selatan (PUPR HSS) mengembangkan kawasan gedung baru di Mal Pelayanan Publik (MPP).

Bupati HSS Achmad Fikry bersama Koordinator Sekretariat Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PANRB) meresmikan dilanjutkan peninjauan ke stan layanan di gedung MPP tersebut.

"Kami berharap dengan adanya tambahan gedung ini dapat meningkatkan pelayanan di MPP," kata Fikry di Kandangan, Kamis.

Dijelaskan dia, awalnya bangunan ini merupakan hotel milik pemerintah daerah yang kemudian dialihfungsikan menjadi gedung MPP sesuai arahan dari Deputi Bidang Pelayanan Publik Kemen PANRB.

Baca juga: Ombudsman RI: MPP HSS jadi contoh pemkab lain

Pengembangan ini sejalan karena Kabupaten HSS terpilih menjadi salah satu dari 21 kabupaten atau kota se-Indonesia yang menjadi proyek percontohan MPP digital.

Saat ini, 20 instansi telah bergabung di MPP itu dan ada lima instansi baru dengan terus bertambahnya instansi yang bergabung maka dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat melalui MPP.

"Tentunya juga langkah kita ini seiring dengan semakin meningkatkan kualitas dan jenis layanan yang diberikan," ujarnya.

Kepala Dinas PUTR HSS Tedy Soetedjo mengatakan bangunan baru ini akan ditambahkan 10 konter layanan, balai nikah, dua ruangan mushola, dan aula yang disewakan untuk pendapatan asli daerah.

Baca juga: Pemkab HSS jadi proyek percontohan MPP Digital tingkat nasional

Diketahui, MPP HSS bertujuan mewujudkan akses pelayanan terpadu, dan masyarakat dapat mengakses beragam layanan administratif dalam satu lokasi.

Dengan adanya fasilitas ini, masyarakat akan dapat mendapatkan pelayanan yang lebih cepat dalam satu tempat, sehingga mengoptimalkan aksesibilitas dan efektivitas pelayanan publik.

Kegiatan juga dirangkai dengan penandatanganan perjanjian kerjasama daerah bersama instansi yang baru bergabung di MPP, yaitu Kejaksaan Negeri HSS, PT Taspen, dan PT Pos Indonesia Cabang Kandangan.

Serta, penandatanganan kerjasama Dinas PMPTSP dengan instansi baru bergabung, serta MoU Politeknik Kesehatan Kemenkes Banjarmasin dan pemkab tentang Tridarma Perguruan Tinggi dan pemenuhan kebutuhan tenaga kesehatan di HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023