Wali Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan Muhammad Aditya Mufti Ariffin mendorong percepatan pembangunan embung di kawasan Gunung Kupang yang masuk wilayah Kecamatan Cempaka.
 
"Kami mendorong pembangunan embung Gunung Kupang dilakukan percepatan sehingga sudah dapat difungsikan saat musim hujan yang diprakirakan sebelum akhir tahun," ujarnya di Banjarbaru, Jumat.
 
Sebelum, wali kota bersama Kadis Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Eka Yuliesda didampingi sejumlah kabid mengunjungi lokasi embung yang terletak di Gunung Kupang Kelurahan Cempaka itu.
 
Diketahui, kemajuan fisik embung yang berfungsi sebagai penampung air hujan dan mencegah terjadinya banjir di Kecamatan Cempaka sudah mencapai 32 persen dengan tenggat waktu pengerjaan akhir tahun.
 
"Kemajuan fisik embung memang sudah mencapai 32 persen sesuai target pengerjaan. Tetapi kami minta dipercepat lagi sehingga bisa selesai sebelum memasuki musim hujan menjelang akhir tahun," ucap Aditya.
 
Ditekankan Aditya, langkah yang bisa dilakukan untuk percepatan adalah menambah alat berat dan angkutan pasir bekas galian sehingga akhir bulan diharapkan kemajuan fisik sudah mencapai 60 persen.
 
Aditya juga menerima laporan dari kadis PUPR terkait kesulitan untuk menempatkan tanah dan pasir yang disarankan untuk dibawa ke lokasi yang memerlukan tanah galian atau diletakkan di tanah milik Pemkot.
 
"Kami minta penambahan alat berat dan angkutan untuk percepatan pembangunan. Soal tanah galian bisa diangkut ke tempat-tempat yang memerlukan tanahnya atau ke lahan milik pemkot," ucapnya.
 
Kepala Dinas PUPR mengatakan, pihaknya siap melaksanakan arahan wali kota sehingga kemajuan fisik pembangunan embung dengan luas kurang lebih 3 hektare itu selesai lebih cepat sebelum akhir tahun.
 
"Kami siap menjalankan arahan wali kota baik dengan penambahan alat maupun pengangkutan tanah dan pasir ke tempat yang memerlukan peninggian tanah sehingga proyek bisa dipercepat," kata dia.
 
Ditambahkan, pengerjaan proyek pembangunan embung di musim kemarau ini cukup menguntungkan karena tidak terkendala hujan dan harus dipercepat agar bisa berfungsi sebelum masuk musim hujan.
 
Diketahui, banjir sering kali melanda sejumlah kawasan di Kecamatan Cempaka Banjarbaru terutama saat musim hujan sehingga keberadaan embung diharapkan bisa mencegah terjadinya bencana alam tersebut.
 
 


 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023