PT. Borneo Indobara (BIB) melatih ratusan masyarakat Kecamatan Angsana Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan, untuk menjadi relawan penanggulangan bencana khususnya di tempat tinggal mereka masing-masing.

Projeck Menager Officer pada PT. BIB Bilqis Nabila, di Batulicin Ahad mengatakan, materi yang diberikan adalah latihan dasar penanganan bencana kebakaran di area rumah menggunakan alat pemadam api ringan (apar) dan karung goni yang dibasahi dengan air.

"Masyarakat juga diberi materi mengenai pengenalan dasar kebakaran, pengenalan bantuan dasar hidup bagi korban," katanya.

Mereka juga diberi materi upaya untuk mencegah risiko bencana dengan melakukan kesiapan, penyadaran, dan perencanaan penanggulangan bencana.

Menurut dia, jika masyarakat sudah terlatih tentang penanganan bencana maka mereka akan memiliki peran yang besar dalam menangani bencana kebakaran di lingkungan mereka.
Petugas Rescue mencontohkan cara memadamkan api menggunakan karung goni (ANTARA/Sujud)

Dalam rangkaian acara ini ada 23 perusahaan di Indonesia yang terlibat untuk memberikan edukasi atau pelatihan mitigasi bencana skala rumah tangga kepada masyarakat Kecamatan Angsana dan sekitarnya.

Harapannya dengan adanya pelatihan ini, masyarakat semakin sadar, mengerti dan dapat memberi pertolongan pertama apabila ada bencana di lingkungan tinggal mereka.

Pelatihan mitigasi bencana skala rumah tangga ini rutin dilakukan oleh PT BIB kepada masyarakat yang menjadi binaan oleh pihak perusahaan.

"Kebetulan saat ini PT BIB menjadi tuan rumah dalam acara fasilitasi Indonesian Fire and Rescue Challenge (IFRC) ke-20 yang di ikuti oleh 23 perusahaan, masing-masing perusahaan termasuk PT BIB memberi pelatihan mitigasi bencana di beberapa desa dan sekolah yang ada di Tanah Bumbu," jelasnya.
Salah satu pelajar saat mempraktekkan cara menangani atau memberikan pertolongan pertama kepada korban kebakaran yang terluka (ANTARA/Sujud)

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023