Pemerintah Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan menyerahkan bantuan peralatan kepada Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) untuk meningkatkan produksi perikanan kelompok pembudidaya tersebut.
 
Bantuan diserahkan Bupati Banjar Saidi Mansyur diwakili Sekdakab Mokhamad Hilman yang diserahkan secara simbolis usai apel gabungan di lingkungan Pemkab Banjar,.

Baca juga: PT AM Intan Banjar optimalkan pelayanan air bersih selama kemarau
 
"Bantuan Pemkab Banjar diserahkan kepada Pokdakan Papuyu Sakti Desa Karang Intan berupa satu kendaraan roda tiga dan empat mesin pompa air dan diharapkan membantu para pembudidaya," ujar Hilman di Martapura, Senin 
 
Menurut Hilman, perkembangan perikanan budidaya di Kabupaten Banjar menjadi salah satu fokus untuk ditingkatkan dan data hingga Bulan Juni 2023 produksi budidaya perikanan mencapai 27.329 ton.
 
Jumlah sebesar itu, dinilai positif karena target produksi untuk tahun 2023 sebesar 54.422 ton sehingga masih ada sisa waktu selama enam bulan untuk merealisasikan target yang optimistis bisa dicapai.

Baca juga: Relawan salurkan air mandikan jenazah akibat kekeringan di Banjar
 
"Kami optimistis target produksi itu bisa dicapai. Salah satunya melalui bantuan yang diserahkan kepada kelompok pembudidaya sehingga bisa mereka gunakan untuk dapat meningkatkan produksi," ucapnya.
 
Dikatakan Hilman, capaian produksi perikanan budidaya itu merupakan bukti sektor perikanan di Kabupaten Banjar terus berkembang disamping jadi peluang usaha dan membantu perekonomian masyarakat.
 
Hilman menuturkan, saat ini terdapat 11 desa di Kecamatan Karang Intan yang ditetapkan sebagai Kampung Perikanan Budidaya, salah satunya Pokdakan Papuyu Sakti yang telah menerima bantuan Pemkab Banjar.
 
"Keberadaan kampung perikanan budidaya dengan anggota sejumlah kelompok pembudidaya berperan penting dalam upaya pengembangan budidaya perikanan sehingga wajar mereka dibantu," ungkap Hilman.
 
Dikatakan, bantuan yang diserahkan berasal dari Ditjen Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan diRI sebagai kolaborasi antara pemerintah pusat dan daerah dalam mendukung sektor perikanan.
 
"Kami berterima kasih atas bantuan dan tentunya bisa dimanfaatkan dalam pengembangan budidaya ikan air tawar sehingga diharapkan dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Baca juga: Pemkab Banjar tambah tujuh ambulan air dukung pelayanan kesehatan di Puskesmas

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023