Sebanyak delapan relawan menyalurkan air bersih untuk memandikan jenazah akibat kekeringan yang melanda di Desa Tambak Danau, Kecamatan Astambul, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel).

Wilayah tersebut terjadi kekeringan akibat musim kemarau sudah dua bulan menyebabkan beberapa sumur bor dan sumber air sudah tidak menghasilkan air bersih.

“Kita berikan bantuan 2.400 liter air bersih untuk kebutuhan keluarga almarhum sekaligus memandikan jenazah,” kata Ketua Relawan EBR Saduddin saat dikonfirmasi di Banjar, Jumat.

Saduddin menyebutkan almarhum yang merupakan warga Desa Tambak Danau meninggal Kamis kemarin, kemudian pihak keluarga menghubungi pos relawan untuk meminta bantuan air bersih.

Dia mengungkapkan pihaknya memberikan pinjaman sementara dua tabung air yang masing-masing berisi 1.200 liter air untuk kebutuhan air bersih pihak keluarga almarhum dalam beberapa hari ke depan.

Para relawan dari EBR, BPK Combat, dan kepolisian menggunakan dua unit mobil pikap mengantar air bersih ke rumah keluarga almarhum.

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Tambak Danau Abdul Madi menyampaikan ucapan terima kasih atas kesigapan para relawan memberikan bantuan.

Dia menyebutkan di desa tersebut sudah mengalami musim kemarau cukup panjang sehingga persediaan air bersih di sumur hampir tidak ada, ia mengatakan pula, sisa air yang ada di beberapa sumur lain pun sudah menguning dan tidak layak pakai.

“Kami ucapkan terimakasih kepada relawan dan kepolisian karena sigap untuk membantu,” ungkap Abdul.

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023