Pemerintah Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan menambah tujuh unit ambulan air yang diserahkan pada Pusat Kesehatan Masyarakat untuk lebih mendukung pelayanan di fasilitas layanan kesehatan itu.
 
Penyerahan tujuh kendaraan air yang dimodifikasi jadi fasilitas layanan kesehatan bergerak ditandai Wakil Bupati Banjar Said Idrus Al-Habsy melalui tapung tawar di Desa Dalam Pagar Ulu, Martapura Timur, Selasa.

Baca juga: Tim kesehatan Satgas TMMD ke-117 Kodim 1003/HSS berikan layanan kesehatan
 
"Kami minta ambulan air yang telah disiapkan Pemkab Banjar bagi tujuh Puskesmas ini dimanfaatkan dengan baik membantu layanan kesehatan masyarakat khusus di kawasan yang sulit dijangkau," ujar wabup.
 
Said Idrus menyebutkan, tujuh unit ambulan air itu diserahkan kepada 7 Puskesmas yakni Martapura Timur, Martapura Barat, Puskesmas Sungai Tabuk 1, 2 dan 3, Puskesmas Aranio dan Puskesmas Aluh-Aluh.
 
Ditekankan wabup, operasional 7 ambulan air itu mendukung layanan kesehatan puskesmas khususnya di kawasan perairan yang cukup sulit dijangkau karena banyak wilayah yang berada di perairan.
 
"Kondisi geografis Kabupaten Banjar banyak berada di wilayah perairan dan akses menuju pusat pelayanan kesehatan menjadi lebih mudah dengan operasional tujuh ambulan air itu," harap Said Idrus.
 
Ditambahkan, pihaknya sangat mengapresiasi langkah strategis Dinas Kesehatan yang berupaya meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat khusus di kawasan perairan tersebar di sejumlah lokasi.
 
Kepala Dinkes Banjar Yasna Khairina mengatakan, fungsi ambulans air bukan hanya mengantar pasien tetapi dilengkapi beberapa peralatan gawat darurat termasuk oksigen dan perawat dan pengemudi.
 
"Operasional ambulan air diserahkan kepada Puskesmas dan diharapkan sesuai tujuannya, membantu setiap masyarakat khusus di kawasan perairan mendapatkan pelayanan kesehatan maksimal," katanya.
 
Baca juga: Puskesmas Pugaan tekan stunting lewat "e-Permata Pugaan"
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023