Kegiatan olahraga tahunan Borobudur Marathon 2023 pertama kalinya hadir di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel) menyambangi 1.000 pelari melalui “Bank Jateng Friendship Run” pada Minggu (3/9).

“Acara ini dirancang untuk membangkitkan semangat wisata olahraga,” ujar Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dalam keterangan tertulis di Banjarmasin, Minggu.

Ganjar mengajak seluruh pelari agar saling mengulurkan tangan memberikan semangat inspirasi untuk menang dalam kesatuan Borobudur Marathon.

Banjarmasin merupakan kota kedelapan pelaksanaan Friendship Run 5 Kilometer dari total 10 kota diantaranya Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Bali, Makassar, Banjarmasin, Medan, Palembang.

Kegiatan di Banjarmasin tersebut dimulai sekitar pukul 06.16 Wita, tentunya dengan maksud menularkan semangat ke-10 kota besar di Tanah Air sekaligus mengajak komunitas lari mempersiapkan diri menyambut puncak Borobudur Marathon 2023 di Magelang pada 19 November mendatang.

Sementara itu, Direktur Utama Bank Jateng Supriyatno menyebutkan puncak kegiatan Borobudur Marathon 2023 di Magelang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian usai beberapa tahun terakhir Indonesia dilanda pandemi Covid-19.
Para peserta se-Kalsel mulai berlari dari garis start pada kegiatan “Bank Jateng Friendship Run Banjarmasin” Road to Borobudur Marathon 2023, di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Minggu (3/9/2023). (ANTARA/Tumpal Andani Aritonang)

“Kegiatan ini juga mengajak pelaku UMKM mengenalkan produknya guna mengoptimalkan potensi ekonomi semakin meningkat,” ujar Supriyatno.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Pemimpin Umum Harian Kompas Budiman Tanuredjo mengatakan puncak Borobudur Marathon 2023 di Magelang diikuti 10.000 pelari nasional dan mancanegara dengan beberapa nomor lari yakni full marathon, half marathon dan 10K.

Kegiatan yang berlangsung di Banjarmasin tersebut dihadiri Direktur IT, Jaringan, dan Konsumer Bank Jateng Dodit W Probojakti, Komisaris Independen Bank Jateng Darsono, Ketua Yayasan Borobudur Marathon Liem Chie An, Wakil Pemimpin Umum Harian Kompas Budiman Tanuredjo, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kalsel Hermansyah.

Bank Jateng Friendship Run Banjarmasin juga menampilkan budaya dan kuliner lokal sesuai dengan semangat Borobudur Marathon guna mendorong pertumbuhan bisnis UMKM.

Borobudur Marathon 2023 selanjutnya akan menyambangi dua kota terakhir yakni Kota Medan dan Palembang.

Kadispora Kalsel Hermansyah saat menghadiri acara tersebut mengatakan Pemprov Kalsel siap memberikan dukungan kegiatan Borobudur Marathon tahun berikutnya di Banjarmasin.

“Kegiatan ini luar biasa, memasyarakatkan olahraga berarti semakin menyehatkan masyarakat,” ujar Hermansyah.

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023