Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor mendorong Kabupaten Banjar semakin maju dan pembangunan berkelanjutan untuk mewujudkan masyarakat yang Maju, Mandiri dan Agamis (Manis).
 
"Kami mendorong agar Kabupaten Banjar semakin maju dalam berbagai sektor pembangunan tercapai guna mewujudkan masyarakat sesuai visi dan misi Banjar Manis," ujarnya di Kota Martapura, Rabu.

Baca juga: Gubernur Kalsel rencanakan mengunjungi komunitas Banjar Malaysia
 
Pernyataan tersebut disampaikan gubernur pada puncak peringatan Hari Jadi ke-73 Kabupaten Banjar tahun 2023 yang digelar di ruang terbuka Hijau atau Alun-Alun Ratu Zalecha Martapura.
 
Menurut gubernur, Kabupaten Banjar dibawah kepemimpinan Bupati Saidi Mansyur dan Wakil Bupati Said Idrus Al-Habsy, telah berhasil mewujudkan pembangunan pada berbagai sektor di wilayah kabupaten setempat.
 
Sahbirin berharap, pembangunan yang telah direalisasikan semakin ditingkatkan seiring upaya bersama menjadikan Kalsel sebagai daerah penyangga Ibu Kota Negara (IKN) di provinsi Kalimantan Timur.
 
"Kita semua bersama masyarakat dan pihak terkait bersama-sama mewujudkan Kalsel jadi penyangga Ibu Kota Negara agar pembangunan bisa terealisasi secara merata di seluruh wilayah," ucapnya.

Baca juga: Pemkab Banjar tambah tujuh ambulan air dukung pelayanan kesehatan di Puskesmas
 
Bupati Banjar Saidi Mansyur mengatakan, sesuai tema hari jadi yakni "Banjar bangkit, tangguh maju bersama masyarakat" sehingga mengajak seluruh masyarakat agar bangkit wujudkan pembangunan.
 
"Kami mengajak seluruh masyarakat dan pihak terkait bersama-sama bangkit dan tangguh mewujudkan kemajuan dan pembangunan yang merata demi kesejahteraan seluruh masyarakat," ungkapnya.
 
Saidi menuturkan, pembangunan yang dicapai mengalami progres signifikan mulai dari perekonomian, tahun 2021 tumbuh positif sebesar 3,21 persen dan meningkat tahun 2022 sebesar 4,48 persen.
 
Upaya mengatasi kemiskinan, telah dilakukan berbagai program bantuan sosial yang efektif sehingga angka kemiskinan berhasil ditekan menjadi 2,79 persen pada 2022 yang menjadi angka terendah di Provinsi Kalsel.
 
Pembangunan infrastruktur menjadi salah satu fokus utama melalui proyek pembangunan jembatan, jalan dan penataan kawasan hingga terwujud konektivitas antar wilayah berdampak positif bagi masyarakat.
 
"Kami berterima kasih kepada seluruh elemen masyarakat dan pihak terkait lainnya yang membantu mewujudkan pembangunan secara merata sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan bagi semua," katanya.

Baca juga: Banjar bershalawat bersama Habib Syech dihadiri ribuan jamaah

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023