Gubernur Kalimantan Selatan sekaligus Presiden Ketua Umum PP Kerukunan Bubuhan Banjar (KBB) Sa Dunia, Sahbirin Noor, mengatakan niatnya untuk menggelar pertemuan antara KBB dengan Pertubuhan Banjar Malaysia (PBM) di Malaysia.

"Ya kita memang ada merencanakan melakukan kunjungan ke Malaysia, ya bagaimana nanti Sekjen KBB sa Dunia, Taufik Arbain yang mengaturnya," kata gubernur Kalsel Paman Birin, di Mahligai Pancasila, Kota Banjarmasin, Selasa malam.

Pernyataan tersebut terlontar saat memberikan sambutan pada malam ramah taman dengan 52 warga Malaysia keturunan Banjar yang bertandang ke banua, dalam kaitan wisata susur galur (mencari silsilah keluarga) di tanah leluluhur, Kelua, Kabupaten Tabalong, Kalsel beberapa hari sebelumnya.

Menurut Gubernur, usaha mengunjungi berbagai wilayah dimana banyak komunitas orang Banjar tersebut semata untuk merekatkan tali silaturahmi antara orang Banjar dimana saja berada.

"Kita sudah mengunjungi sedikitnya 14 KBB provinsi di Tanah Air, sekaligus melantik keberadaan kepengurusan KBB setempat," tambah Paman Birin seraya mengakui bahwa perlu juga memang kalau ada kesempatan mengunjungi komunitas orang Banjar di luar negeri, seperti Malaysia, Singapura, Brunei Darusalam, bahkan di Tanah Suci Mekkah.

Sementara Wakil PBM, Jamaludin Asaari selaku ketua rombongan muhibah 52 warga Malaysia keturunan Banjar tersebut menyebutkan hubungan orang Banjar yang ada di Malaysia dan Banua memang sudah lama terjalin bahkan sudah saling mengunjungi.
Tukar menukar barang cenderamata Gubernur Kalsel dengan wakil ketua PBM Jamaludin Asaari di Malam ramah tamah (Antara/Hasan Z)

"Saya berterima kasih kepada adinda Mohammad Ary dan adinda Hasan Zainuddin atau Paman Anum yang banyak berjasa menghubungkan silaturahmi orang Banjar yang ada di Malaysia, Thailand, Singapura, Brunei Darussalam dengan orang Banjar di Banua," kata Jamaludin Asaari yang dikenal sebagai seorang guru (Cikgu) dan pemilik sebuah pesantren di Bagan Serai, Perak ini.

Kedatangan rombongan yang melakukan kunjungan selama tiga hari ini melalui penerbangan langsung antara Kuala Lumpur ke Sepinggan Balikpapan.

Di Kota Balikpapan rombongan juga disambut KBB Kalimantan Timur dan menggelar acara selamat datang Balikpapan, kemudian melanjutkan perjalanan ke Tanjung, Tabalong, setelah bermalam di sana melanjutkan kunjungan ke Kelua, terutama ramah tamah dengan keluarga, lalu ke mesjid lawas  Banua Lawas, dan makam Syech Muhammad Nafis.

Rombongan terus ke Banjarmasin dan berwisata ke pasar terapung, lalu ke pusat kota dan pasar Martapura , ziarah ku makam Syech Muhammad Arsyad Al Banjari, Kelampaian dan berbelanja mencari oleh oleh.

Pada kesempatan ramah tamah dan silaturahmi ini, Presiden PP KBB Sa Dunia, Sahbirin Noor bertukar cenderamata dengan Wakil Presiden Pertubuhan Bubuhan Banjar Malaysia. 

Pewarta: Hasan Zainuddin

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023